nusabali

Detik-detik Proklamasi, Semenit Berhenti di Jalan

  • www.nusabali.com-detik-detik-proklamasi-semenit-berhenti-di-jalan

GIANYAR, NusaBali
Guna memperingati detik-detik HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Polsek Sukawati, Gianyar, menyetop  semua pengendara dan pejalan kaki, Selasa (17/8).

Mereka bersama-sama melakukan penghormatan sekitar semenit. Untuk pelaksanaan penghormatan itu, Kapolsek Sukawati AKP I Made Ariawan P memerintahkan personel agar kegiatan itu dipusatkan di simpang Desa Batuan dan depan Mapolsek Sukawati. Penghormatan ini melalui satu komando dari Polres Gianyar, dengan alat komunikasi Handle Talkie (HT). Komando itu saat mulai detik-detik Proklamasi hingga selesai. Saat itu pula, petugas Polsek Sukawati memberhentikan semua kendaraan yang melintas dari semua jurusan. Penghormatan itu dibarengi dengan suara sirine. Setelah komando selesai, arus kendaraan dinormalkan.

Apel HUT ke-76 Kemerdekaan RI dipimpin Kapolres Gianyar AKBP l Made Bayu Sutha Sartana, diikuti Dandim 1616/Gianyar Letkol INF Hendra Cipta, Kajari Gianyar Ni Wayan Sinaryati, Sekda Gianyar Ir I Made Gede Wisnu Wijaya. Apel secara virtual melalui zoom meeting di Command Center Kantor Bupati Gianyar.

Di Klungkung, Pemkab setempat menggelar apel yang sama, di halaman Kantor Bupati Klungkung, Selasa (17/8) pagi. Karena pandemi Covid-19, jumlah peserta dibatasi. Sebelum pandemi, apel ini digelar di Lapangan Puputan Klungkung, melibatkan para ASN, siswa dan pihak terkait.

Pantauan di lokasi, apel dipimpin Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dimulai pukul 08.00 Wita, diawali pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Klungkung AA Gde Anom, hingga menaikkan bendera Mareh Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Usai apel bendera, Bupati Suwirta mengatakan, karena situasi pandemi maka apel ini harus diatur dengan tetap menerapkan prokes. "Penyebaran wabah Covid-19 ini agar jangan sampai terjadi karena apel," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan, meski pandemi, semua harus tegar dan punya harapan lebih optimis ke depan. Apel dihadiri, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Ketua DPRD Kabupaten Klungkung AA Gde Anom, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Klungkung, TNI/Polri, serta undangan terkait. *nvi,wan

Komentar