nusabali

Lagi, Tim Antar 22 OTG Covid-19 ke Isoter

  • www.nusabali.com-lagi-tim-antar-22-otg-covid-19-ke-isoter

SEMARAPURA, NusaBali
Tim dari Polri/TNI dan Dinas Kesehatan (Diskes) Klungkung, kembali mengantar 22 Orang Tanpa Gejala (OTG) terpapar Covid-19.

Mereka menuju lokasi isolasi terpusat (isoter) pada salah satu hotel di Denpasar Senin (16/8) sore. Mereka dikumpulkan terlebih dahulu di GOR Swecapura, Desa Gelgel, Kecamatan Klungkung, selanjutnya diantar bersama-sama menuju lokasi isoter salah satu hotel di Denpasar. Sebelumnya, 22 OTG tersebut menjalani isolasi mandiri (isoman) setelah dilakukan tracing dari petugas Diskes.

Kapolres  Kungkung AKBP I Made Dhanuardana mengatakan, petugas mendekati secara persuasif untuk mengajak warga yang awalnya isoman agar mau ke isoter. "Isoter ini merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran Covid-19," kata AKBP Dhanuardana.

Kata dia, isoter selain untuk mempercepat penanganan pasien bersangkutan, juga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat isoman. Karena di lokasi isoter sudah ada petugas medis yang tetap siaga.

Jelas Kapolres, TNI-Polri dan Pemkab Klungkung membentuk tim untuk melacak warga yang terpapar Covid-19 maupun kontak erat dengan pasien positif di setiap desa/kelurahan. Jika ada warga yang menjalani isolasi mandiri dengan kondisi gejala memprihatinkan, maka tim langsung membantu proses evakuasi ke isoter. "Apabila tidak dipindahkan akan rentan sekali menularkan ke warga yang sehat," imbuh AKBP Dhanuardana.

Sebelumnya, tim khusus tersebut sudah mengevakuasi 20 warga Klungkung yang positif terpapar Covid-19. Mereka dari isolasi mandiri di masing-masing rumah diajak ke isoter, pada salah satu hotel di Denpasar, Minggu (15/8). *wan

Komentar