nusabali

Festival Rumah KaKek, Rayakan HUT Ke-76 RI dengan Pembuatan Eco-Enzyme hingga Baca Puisi

  • www.nusabali.com-festival-rumah-kakek-rayakan-hut-ke-76-ri-dengan-pembuatan-eco-enzyme-hingga-baca-puisi

DENPASAR, NusaBali.com - Memeriahkan Dirgahayu ke-76 Republik Indonesia, Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan Pasraman Satyam Eva Jayate atau biasa disingkat Rumah KaKek mengadakan Festival Rumah KaKek.

Acara bertema ‘Semarak Kemerdekaan Wujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’ diselenggarakan pada Selasa (17/8/2021) bertempat di Gedung Rumah KaKek,  Jalan Trengguli Gang IV D3, Penatih, Denpasar. Acara dimeriahkan dengan berbagai kegiatan mulai pembuatan cairan disinfektan alami eco-enzyme, baca puisi, nonton bareng film perjuangan, hingga doa untuk Indonesia.  

“Walaupun kita di tengah pandemi, rasa bangga atas Bangsa Indonesia harus tetap kita tumbuh kembangkan di kalangan generasi muda. Untuk itulah kita melaksanakan kegiatan yang kita namakan Festival Rumah KaKek,” ujar I Ketut Udi Prayudi, Ketua Umum Yayasan Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan yang ditemui pada saat acara.

Uniknya pada kegiatan ini yakni pada sesi acara pembuatan eco-enzyme. Acara tersebut  dilaksanakan tepat pada pukul 17.00 menit ke 8 dan detik ke 45. Atau mengacu kepada hari kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945. Sementara itu doa bersama akan dilakukan menjelang tengah malam pukul 23.45 Wita. Sedangkan untuk acara nonton bareng film perjuangan, akan dilakukan secara virtual. “Nanti kami akan kirimkan link-linknya secara virtual,” terangnya.

Ditegaskan Udi Prayudi, festival ini, karena banyak kegiatan yang di dalamnya, dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Setiap peserta diberikan hand sanitizer, sementara dalam waktu berkala area di tempat acara akan disemprot disinfektan alami eco-enzyme. “Peserta kita batasi. Ada yang berkegiatan di lantai I, ada yang berkegiatan di lantai II, ada yang berkegiatan di lantai III,” ujar mantan Staf Ahli KPU RI ini.

Para peserta yang diundang dalam acara ini merupakan perwakilan 17 organisasi mahasiswa dan pemuda yang berasal dari lintas agama. Di antaranya perwakilan mahasiswa Hindu (KMHDI), perwakilan mahasiswa Islam (HMI), perwakilan mahasiswa Budha (HikmahBudhi), perwakilan mahasiswa Kristen (GMKI), perwakilan Senat dan BEM Unversitas, dan lain sebagainya.

FOTO: Perwakilan organisasi mahasiswa dan pemuda hadir pada Festival Rumah Kakek Selasa (17/8/2021). .-ARIFIAN

Sementara itu, dijelaskan Udi Prayudi, masih dalam rangkaian Festival Rumah Kakek, pihaknya juga akan menggelar kegiatan kemanusiaan donor darah pada Minggu (22/8/2021), yang juga bertempat di Gedung Rumah KaKek.  

Untuk diketahui Rumah KaKek merupakan suatu lembaga yang ingin mewadahi generasi muda Nusantara untuk mengembangkan nilai-nilai toleransi di tengah pluralisme yang ada di bumi Indonesia. Pada awalnya pembangunan Rumah KaKek ini digagas oleh KMHDI (Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia) dan FA (Forum Alumni) KMHDI namun dalam perjalanannya mendapatkan dukungan dari segenep eleman yang ada dalam masyarakat Indonesia. *adi

Komentar