nusabali

6.192 Mahasiswa Baru Unud Ikuti Student Day Secara Daring

  • www.nusabali.com-6192-mahasiswa-baru-unud-ikuti-student-day-secara-daring

DENPASAR, NusaBali
Setelah mengikuti PKKMB, mahasiswa baru Universitas Udayana mengikuti kegiatan Student Day Era Pandemi Covid-19 yang berlangsung secara daring melalui aplikasi webex, Kamis (12/8).

Kegiatan Student Day bertujuan untuk mempersiapkan dan mengakselerasi mahasiswa baru dalam proses transisi terkait dengan kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga dapat mendukung keberhasilan studinya di Universitas Udayana.

Masa transisi ini pula dapat dijadikan momentum untuk mengenalkan program-program Kemendikbud Ristek salah satu diantaranya adalah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) selain itu kegiatan Student Day juga dijadikan momentum dalam upaya  menanamkan sikap dan perilaku yang dilandasi rasa cinta tanah air, bela Negara, pendidikan karakter.

Serta kepedulian terhadap lingkungan sekitar dalam rangka menciptakan generasi, unggul, mandiri dan berbudaya. Student Day yang dibuka langsung oleh Rektor Unud ini berlangsung selama dua hari yakni 12-13 Agustus 2021.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud Prof Made Sudarma selaku Ketua Panitia Pelaksana dalam laporannya menyampaikan Student Day Era Pandemi Covid-19 merupakan rangkaian kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) yang rutin dan wajib diikuti oleh mahasiswa baru dalam upaya untuk mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan student day ini adalah para mahasiswa baru dapat memahami dan mengenali lingkungan barunya, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan.serta terciptanya persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa, pendidik dan tenaga kependidikan, terangnya.

Jumlah peserta Student Day Tahun 2021 berjumlah sebanyak 6.192 orang mahasiswa , terdiri dari  5.721 orang mahasiswa baru dan 471 orang mahasiswa lama.

Rektor Unud Prof. Dr. dr. A.A Raka Sudewi, Sp.S (K) dalam sambutannya menyampaikan menjadi mahasiswa artinya memasuki fase kehidupan baru, membentuk jati diri sebagai manusia seutuhnya melalui pendidikan tinggi. “Student day disajikan secara matang agar dapat dijadikan momentum bagi mabasiswa baru untuk mendapat informasi yang tepat mengenal sistem pendidikan di perguruan tinggi baik bidang akademik maupun non-akademik,” jelas Prof Raka Sudewi.

Student Day ditutup oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. I Nyoman Gde Antara mewakili Rektor Unud. Turut hadir dalam acara penutupan yakni Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Para Dekan, Direktur Pascasarjana, Ketua SPI dan Pimpinan Lembaga, Kepala Biro, Ketua USDI dan undangan lainnya dilingkungan Universitas Udayana. Dalam rangkaian acara penutupan juga dilakukan penyerahan mahasiswa baru kepada para pimpinan Fakultas. *

Komentar