nusabali

Golkar Gianyar-Badung Gelar Donor Darah 'Berhadiah' Sembako

Golkar Buleleng Berhasil Kumpulkan 123 Kantong Darah

  • www.nusabali.com-golkar-gianyar-badung-gelar-donor-darah-berhadiah-sembako

GIANYAR, NusaBali
DPD II Golkar Gianyar gelar aksi donor darah, Minggu (15/8). Dari 100 kantong darah yang ditarget, antusias warga relatif tinggi apalagi ada hadiah paket sembako bagi warga pendonor.

Gedung lantai 3 sekretariat partai beringin ini pun dipenuhi warga. Guna menghindari kerumunan, tahapan donor darah ditempatkan pada lokasi yang berjauhan. DPD Golkar Gianyar tidak membatasi kegiatan donor darah untuk para kader, sehingga masyarakat umum bisa berpartisipasi.

Ketua DPD II Golkar Gianyar, Kadek Era Sukadana, mengatakan kegiatan sosial ini merupakan instruksi DPD I Golkar Bali dan digelar serentak di seluruh Bali. Tergetnya 1.000 kantong darah serentak se Bali. "Per 15 Agustus 2021 semua kabupaten/kota melaksanakan donor darah termasuk Gianyar," ujarnya di sela-sela acara.

Untuk melancarkan kegiatan ini, masing-masing anggota fraksi wajib membawa 10 orang kader. Di luar tersebut masyarakat umum dibolehkan. Untuk bantuan paket sembako, diberikan kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. "Lolos ataupun tidak lolos skrining, masyarakat yang sudah hadir tetap kita berikan paket sembako yang sudah disiapkan oleh DPD Golkar Gianyar," lanjut Kadek Era. Dengan pemberian sembako tersebut, pihaknya berharap dapat meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Sementara salah seorang pendonor I Made Marsa, 39, asal Banjar Pekandelan, Desa Abianbase, Gianyar mengatakan meskipun baru pertama kali mendonorkan darahnya dia mengaku cukup antusias. "Apalagi sekarang stok darah langka, jadi ini bentuk kepedulian terhadap sesama," ujarnya.

Kegiatan serupa juga digelar DPD II Golkar Buleleng Minggu pagi di Kantor DPD Golkar Buleleng. Kegiatan sosial ini digelar untuk merespon pasokan persediaan darah di Buleleng yang sangat minim, terlebih dalam situasi pandemi Covid-19.

Donor darah yang digelar bersama Unit Tranfusi Daerah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Buleleng ini disambut dengan antusias oleh masyarakat. Termasuk para kader partai beringin ini yang antusias mendonorkan darahnya. Dalam kegiatan tersebut, berhasil terkumpul sebanyak 123 kantong darah.

Sekretaris DPD II Golkar Buleleng, Ketut Susila Umbara mengatakan, kegiatan donor darah ini dilakukan sesuai amanah dari DPD Golkar Provinsi Bali, dengan target untuk bisa mengumpulkan 1.000 kantong darah dari seluruh pengurus Golkar se-Bali. "Antusias dari masyarakat tinggi, mereka datang sendiri, kami sudah maksimalkan mencapai target, bahkan lebih," jelas Susila Umbara.

Aksi donor darah sembari berbagi sembako juga digelar DPD II Golkar Badung, Minggu kemarin. Kegiatan donor darah tersebut diikuti oleh simpatisan, masyarakat, kader serta pengurus Partai Golkar. Kegiatan dihadiri Ketua DPD II Golkar Badung Wayan Suyasa, Sekretaris AAN Ketut Agus Nadi Putra dan Ketua Fraksi Golkar DPRD Badung IGN Saskara beserta seluruh anggota fraksi.

Menurut Ketua DPD II Golkar Badung I Wayan Suyasa, kegiatan donor darah ini merupakan aksi serentak di seluruh Bali dengan target 1.000 kantong darah terkumpul se-Bali. Aksi sosial ini diharapkan mampu membantu kebutuhan darah di masa pandemi Covid-19. “Kami sudah ada 200 orang di Kabupaten Badung yang mendaftarkan diri untuk ikut donor,” ujar politisi senior asal Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, Badung ini. *nvi, ind, mz

Komentar