nusabali

Tersohor hingga Eropa, Salah Satu Terapinya Mengajak Pengikutnya Tertawa Lepas

Ida Pandita Mpu Parama Daksa Natha Ratu Bagus, Guru Spiritual Terapi Bio Energi Telah Lebar

  • www.nusabali.com-tersohor-hingga-eropa-salah-satu-terapinya-mengajak-pengikutnya-tertawa-lepas

Ratu Bagus semakin dikenal hingga ke mancanegara berawal saat ada penekun Yoga dari Italia berkunjung ke Ashram Ratu Bagus tahun 1993, orang Italia itu lalu memperkenalkan konsep bio energi di Italia dan negara Eropa lainnya.

AMLAPURA, NusaBali
Ida Pandita Mpu Parama Daksa Natha Ratu Bagus, 72, yang dikenal sebagai guru spiritual di 46 negara telah lebar (meninggal dunia) saat dirawat di salah satu rumah sakit di Denpasar, Kamis (12/8) lalu. Rencananya akan digelar palebon di Ashram Ratu Bagus di Banjar/Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem pada Buda Pon Watugunung, Rabu (25/8) nanti.

Menurut salah satu penghuni Ashram Ratu Bagus, I Komang Budiasa pada, Minggu (15/8) hari ini layon Ida Pandita Mpu Parama Daksa Ratu Bagus akan diantar ke Ashram Ratu Bagus.

“Ratu Bagus telah beberapa kali keluar masuk rumah sakit sehubungan menderita sakit komplikasi, tensi tinggi dan kadar gula tinggi. Sehingga jarang ada di Ashram Ratu Bagus, bahkan di pintu gerbangnya dipasang plang, tidak menerima tamu,” ujar Komang Budiasa saat dihubungi di Ashram Ratu Bagus, Banjar/Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, Jumat (13/8).

Budiasa menambahkan sebelum palebon digelar, rencananya akan dilaksanakan paruman sulinggih yang nantinya akan terlibat dalam upacara tersebut. Sementara salah satu orang dekat Ratu Bagus, yakni I Wayan Sujana saat dihubungi tidak membawa handphone (HP). NusaBali yang menghubungi nomor HP-nya diterima oleh istrinya. Dikatakannya Wayan Sujana saat ini sedang sibuk mengkoordinasikan rencana menggelar paruman sulinggih jelang upacara palebon Ratu Bagus.

"Masih koordinasi dengan para sulinggih, lebih lanjut tanyakan ke suami saya," ucap istri Wayan Sujana. Ratu Bagus saat walaka bernama I Ketut Widnya. Dia dikenal memiliki terapi bio energi, salah satunya dengan cara tertawa. Semua pengikutnya diajak tertawa sekuat-kuatnya, karena dengan tertawa mampu membangunkan energi cakra-cakra dalam tubuh. Sehingga energi dalam tubuh akan bekerja dan pada akhirnya mampu menemukan surga dalam diri.

Di samping itu, almarhum mengatakan di salah satu kesempatan di Ashram Ratu Bagus bahwa dengan tertawa seseorang akan awet muda dan mampu membangkitkan energi positif dalam tubuh.

Dengan terapi bio-energi itulah, sehingga dirinya semakin terkenal di luar negeri. Dia pun berkeliling memberikan terapi di puluhan negara, terutama di Eropa. Sejumlah buku juga diterbitkan Ratu Bagus, seperti Bio-Energi Ratu Bagus disusun I Ketut Dongker, buku lainnya Sosio-Teologis Meditasi Bio Energi Ratu Bagus disusun I Wayan Sujana. Ratu Bagus semakin dikenal hingga ke mancanegara berawal saat ada penekun Yoga dari Italia berkunjung ke Ashram Ratu Bagus tahun 1993. Setelah berdiskusi panjang, kemudian orang Italia itu memperkenalkan konsep bio energinya di Italia dan negara Eropa lainnya. Bahkan Ratu Bagus juga dikenal hingga ke India dan negara Asia Selatan lainnya.

Ratu Bagus dilahirkan di Gianyar pada 31 Desember 1949. Ratu Bagus meninggalkan seorang istri dan dua anak. Dia mendirikan Ashram Ratu Bagus di Banjar/Desa Muncan, tahun 1988, sedangkan didiksa menjadi sulinggih pada tahun 2007 silam. Saat ini aktivitas di Ashram Ratu Bagus, lebih banyak dihuni orang asing yang melakukan meditasi tiga kali sehari, pagi pukul 07.00-09.00 Wita, siang pukul 13.00-15.00 Wita dan malam pukul 19.00-21.00 Wita.

Saat Ratu Bagus merayakan ulang tahun ke-66 tahun 2015 lalu, puluhan sulinggih berkumpul dan seratusan orang asing berkumpul melakukan meditasi di Ashram Ratu Bagus. Saat itu, Ratu Bagus mengingatkan, pentingnya hidup di dunia untuk mengenal jati diri, setelah kenal jati diri lalu ada rasa mencintai diri sendiri, dan mencintai sesama umat sedharma. *k16

Komentar