nusabali

Mantapkan Semangat Nasionalisme, Rutan Gianyar Gelar Workshop

  • www.nusabali.com-mantapkan-semangat-nasionalisme-rutan-gianyar-gelar-workshop

GIANYAR, NusaBali
Rutan Kelas IIB Gianyar menggelar workshop  bertema Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Jumat (13/8).

Kegiatan ini sebagai upaya memantapkan semangat nasionalisme warga binaan. Workshop diikuti warga binaan baik narapidana  maupun tahanan pemasyarakatan di halaman Rutan Gianyar. Workshop narasumber dalam kegiatan ini adalah dari Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol) Kabupaten Gianyar Dewa Gede Putra Amarta. Kegiatan workshop menekankan tentang 4 pilar kebangsaan. Yakni, Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

Selain itu juga ditekankan tentang pentingnya bela negara, yaitu sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kecintaan ini berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

Kepala Rutan Gianyar M Bahrun menyatakan secara umum kegiatan tersebut berjalan lancar. Para peserta tetap mematuhi protokol kesehatan. ‘’Antara lain, kami mewajibkan semua yang hadir memakai masker,” ujarnya.

Dia berharap, pelaksanaan workshop bisa menjadi bekal para narapidana saat menghirup udara bebas nanti. Selain itu, wawasan kebangsaan dan bela negara ini dapat lebih memantapkan jiwa nasionalisme para warga binaan. ‘’Sehingga saat  mereka (warga binaan,Red) kembali ke masyarakat,  dapat menjadi warga negara yang lebih baik,” ujarnya.*nvi

Komentar