nusabali

Walikota Jaya Negara Tinjau Uji Coba Mesin Pengolah Sampah

  • www.nusabali.com-walikota-jaya-negara-tinjau-uji-coba-mesin-pengolah-sampah

DENPASAR, NusaBali
Walikota Denpasar IGN Jaya Negara meninjau uji coba mesin pengolahan sampah yang dilaksanakan di Sanur, Denpasar Selatan, Jumat (13/7).

Setelah melihat hasil uji coba, Walikota Jaya Negara merasa yakin apabila mesin pengolah sampah buatan Jepang ini telah berfungsi dengan maksimal, maka sebagian permasalahan sampah di Denpasar bisa teratasi.

“Harapan saya ketika ini semua jalan sekian ton sampah di Kota Denpasar  yang biasa dibawa ke TPA sudah kita selesaikan di lokasi pengolahan,” kata Jaya Negara. Tentunya dia akan terus memantau dan mempelajari sehingga mesin bisa berfungsi secara maksimal. "Kami akan terus pantau, sehingga nanti mesin bisa bekerja maksimal. Ini merupakan komitmen kami di dalam menyelesaikan permasalahan sampah di Kota Denpasar," ujar Jaya Negara. Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar IB Putra Wirabawa mengatakan pelaksanaan uji coba terus digencarkan guna mengatasi pemasalahan sampah di Kota Denpasar dan ini   bisa segera terselesaikan.

Dari hasil uji coba minimal 10 ton sampah setiap harinya bisa diolah menjadi butiran atau serbuk dan akan digunakan sebagai bahan utama pembuatan paving atau beton. “Sekitar 10 ton sampah per hari bisa diolah, jadi jika mesin bisa bekerja maksimal bisa sangat membantu pengurangan permasalahan sampah dan mengurangi volume yang dibuang ke TPA Suwung,” ujarnya.

Selain itu pihaknya akan terus memantau dan memaksimalkan fungsi mesin sehingga tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. "Ini baru sebatas uji coba, tentunya masih ada perbaikan dan beberapa prosedur serta cara kerja yang lebih efisien sehingga fungsi mesin bisa beroperasi dengan maksimal," ujarnya. *sur

Komentar