nusabali

Bongkar Muat di Pelabuhan Padangbai Lancar

  • www.nusabali.com-bongkar-muat-di-pelabuhan-padangbai-lancar

AMLAPURA, NusaBali
Terjadi ombak pantai di Dermaga II Pelabuhan Padangbai, Banjar Melanting, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Kamis (12/8) pukul 12.30 Wita.

Walau diterjang ombak pantai, aktivitas bongkar muat di Dermaga II berjalan lancar. Tim terpadu tetap melakukan pemeriksaan identitas, surat tes antigen, dan sertifikat vaksin untuk pengendara sepeda motor, kendaraan pribadi, dan sopir truk.

Kepala Kantor Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengatakan, terjadi ombak pantai di Dermaga II namun tidak mengganggu aktivitas bongkar muat kapal ferry. Cuaca di Selat Lombok tetap landai, hanya angin bertiup cukup kencang. “Penumpang relatif sepi,” ungkap Eka Suyasmin, pejabat dari Banjar Bucu, Desa Rejasa, Kecamatan Penebel, Tabanan ini. Kepala Satuan Pelaksana Pelabuhan Penyeberangan Padangbai BPTD (Badan Pengelola Transportasi Darat) Wilayah XII Bali-NTB, I Nyoman Agus Sugiarta membenarkan ada ombak pantai di Dermaga II. “Ombak pantai dan tiupan angin cukup kencang, sedangkan cuaca di Selat Lombok masih landai. Aktivitas di Pelabuhan Padangbai tetap lancar,” kata Agus Sugiarta.

Sejak PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) diperpanjang, aktivitas penyeberangan di Pelabuhan Padangbai tetap sepi. Penyeberangan efektif terjadi hanya di malam hari. “Penumpang yang menyeberang di malam hari juga tidak banyak, pemeriksaan tetap diperketat,” jelas Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai, Kompol Made Suadnyana. Penumpang yang turun di Pelabuhan Padangbai di malam hari hanya segelintir, terutama penumpang bersepeda motor, kendaraan pribadi, dan bus malam tujuan Jawa. Tim terpadu melakukan pemeriksaan identitas, surat tes antigen, dan sertifikat vaksin untuk pengendara sepeda motor, kendaraan pribadi, dan sopir truk. Mobil bus digiring ke parkir, selanjutnya seluruh penumpang diturunkan satu persatu sambil memeriksa identitas, tes antigen, dan sertifikat vaksin.

“Jika semua penumpang lengkap membawa administrasi perjalanan, bisa melanjutkan perjalanan. Jika tidak bawa tes antigen, dipersilakan melakukan tes antigen di tempat yang tersedia. Selama PPKM diperpanjang belum ada penumpang yang dikembalikan,” jelas Kompol Suadnyana. Tim terpadu terus bersinergi melakukan pemeriksaan di Pelabuhan Padangbai. Khusus untuk memeriksa tes antigen dan sertifikat vaksin oleh petugas kesehatan dipimpin Koordinator Kesehatan Wilayah Kerja Pelabuhan Padangbai dr I Putu Suardiana. Sedangkan anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai memperkuat pemeriksaan dengan memeriksa identitas penumpang. Jika identitas dan surat-surat yang dibawa penumpang sesuai, dipersilakan melanjutkan perjalanan. *k16

Komentar