nusabali

146 Pelamar TMS Mengajukan Sanggahan

  • www.nusabali.com-146-pelamar-tms-mengajukan-sanggahan

AMLAPURA, NusaBali
Sebanyak 146 dari 357 pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) administrasi mengajukan sanggahan.

Pengumuman masa sanggah pada Minggu (15/8). Saat ini panitia seleksi masih disibukkan menjawab sanggahan yang diajukan para pelamar. Sanggahan bisa disampaikan dari tanggal 4-13 Agustus 2021.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karangasem I Gusti Gede Rinceg memaparkan, setelah menuntaskan masa sanggah tinggal menunggu jadwal testing menggunakan CAT (computer assisted test). Banyaknya pelamar mengajukan sanggahan karena para pelamar kurang cermat memasukkan data. Di antaranya surat pernyataan tidak sesuai format, surat lamaran tidak sesuai format, surat lamaran tanpa materai, STR (surat tanda registrasi) tidak asli, dan sebagainya.

Ada juga transkrip nilai dilampirkan sebagian STR tidak berlaku. Pelamar gagal di antaranya calon tenaga perawat sebanyak 22 pelamar, selebihnya tenaga lab kesehatan, tenaga terampil terapis gizi dan mulut, terampil sanitarian, dan lain-lain. Dari 115 formasi yang tersedia, pelamar yang lolos syarat administrasi dan bisa ikut testing sebanyak 1.848 pelamar. Syarat kelulusan atau nilai passing grade telah ditetapkan. Nilai passing grade hasil tes wawasan kebangsaan (TWK) minimal 65, tes intelegensia umum (TIU) minimal 80, dan tes karakteristik pribadi (TKP) minimal 166. Total nilai passing grade seleksi kompetensi dasar (SKD) minimal 311. “Khusus untuk pelamar disabilitas hanya dipersyaratkan hasil tes intelegensia umum sebesar 60 dan akumulasinya minimal 286,” jelas Gusti Gede Rinceg.

Jadwal testing menggunakan CAT belum ada pemberitahuan lebih lanjut. Dalam Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ada 110 soal, masing-masing tes wawasan kebangsaan sebanyak 30 soal, tes intelegensia umum sebanyak 35 soal, dan tes karakteristik pribadi sebanyak 45 soal. Hanya dijadwalkan cetak nomor ujian online pada Agustus 2021, tes SKD (seleksi kompetensi dasar) Agustus-Oktober, pengumuman hasil tes SKD Oktober 2021. *k16

Komentar