nusabali

Polres Gianyar Terapkan Pendaftaran Online

Hindari Kerumunan Saat Urus SKCK

  • www.nusabali.com-polres-gianyar-terapkan-pendaftaran-online

GIANYAR, NusaBali
Polres Ginyar membuat terobosan baru dalam pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Terobosan dimaksud berupa program pendaftaran permohonan SKCK berbasis online.  Dengan itu, masyarakat semakin dimudahkan dalam pembuatan maupun memperpanjang SKCK.

Kasat Intelkam Polres Gianyar AKP I Nengah Sukerna mengatakan program tersebut didasarkan atas maklumat Kapolres Gianyar Nomor :MAK/2052/VII/2021 tentang penerbitan SKCK.  Petugas wajib mentaati Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dengan memperbaiki pelayanan sesuai perkembangan situasi, kualifikasi kompetensi, ketersediaan sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung yang memadai. Termasuk pula kejelasan waktu pelayanan, ketersediaan informasi tentang biaya administrasi penerbitan SKCK dan dilarang menerima uang maupun barang apapun diluar ketentuan termasuk pungutan liar. “Sehingga kami targetkan transparansi mekanisme dan prosedur dalam penerbitan SKCK dan mematuhi Protokol kesehatan Covid-19,”  tegasnya Kamis (12/8).

Jelas AKP Sukerna, program ini dirasa efektif diterapkan pada masa pandemic Covid-19. Karena masyarakat tidak perlu antre, bahkan tidak perlu keluar rumah. Sehingga dapat meminimalisir kerumunan.

Adapun program pembuatan dan perpanjangan SKCK ini ada beberapa jenis. Mulai dari SKCK On The Spot yaitu petugas akan mendatangi suatu lokasi yang mudah dijangkau masyarakat dalam pembuatan SKCK. Demikian juga layanan antar Perpanjangan SKCK (LAPAK SKCK) Polres Gianyar yang semakin diminati masyarakat.

Dia mengakui masyarakat Kabupaten Gianyar semakin banyak yang memanfatkan Layanan Antar Perpanjangan SKCK (LAPAK SKCK). Perpanjangan SKCK diantar menggunakan jasa antar Gosend (Gojek) untuk melakukan pengoderan dan pengantaran berkas perpanjangan SKCK ke pelayanan Polres Gianyar. ‘’Tentunya kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” bebernya.

Selain itu, papar AKP Sukerna, untuk meningkatkan kualitas pelayanan, petugas pelayanan SKCK memberikan pelayanan dengan penambahan waktu ekstra melalui inovasi REDITE NEMU BHAGIA. Inovasi ini dilaksanakan di GOR Kebo Iwa setiap hari Minggu mulai pukul 07.30 sampai dengan 10.00 Wita. “Inovasi ini diluncurkan untuk masyarakat yang tidak mempunyai waktu mengurus SKCK pada hari kerja. Sehingga bisa mengurusnya pada hari Minggu atau Redite,” jelasnya. *nvi

Komentar