nusabali

Pembangunan Tiga Jembatan Ditarget Rampung Akhir Tahun

  • www.nusabali.com-pembangunan-tiga-jembatan-ditarget-rampung-akhir-tahun

SINGARAJA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng menargetkan pembangunan tiga jembatan selesai sebelum penghujung tahun.

Proyek pembangunan tiga jembatan ini sumber dananya ini dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 14,2 miliar. Sampai saat ini, proses pembangunan terus digenjot.

Ketiga jembatan itu yakni jembatan Bakung–Sari Mekar di perbatasan Lingkungan Bakung, Kelurahan/Kecamatan Sukasada dengan Desa Sari Mekar, Kecamatan/Kabupaten Buleleng (Jembatan Tukad Buleleng). Jembatan Gitgit–Wanagiri di perbatasan Desa Gitgit dengan Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada (Jembatan Tukad Pangkung Dalem), dan jembatan di Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Buleleng (Jembatan Tukad Daya) yang ambruk diterjang banjir bandang pada 2017 lalu.

“Progres pembangunan Jembatan Tukad Buleleng sampai hari ini mencapai 5,42 persen, Jembatan Tukad Pangkung Dalem 2,96 persen, dan  Jembatan Tukad Daya 12,04 persen,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng Ketut Budiyasa, Rabu (11/8) siang.

Budiyasa mengungkapkan, Jembatan Tukad Buleleng dengan panjang bentang sekitar 40 meter diperkirakan rampung pada 14 November 2021. Sedangkan Jembatan Pangkung Dalem Gitgit panjang bentangnya 40 meter diperkirakan rampung pada 13 Desember 2021. Dan Jembatan Tukad Daya Bungkulan bentangnya 21 meter diperkirakan rampung pada 1 Desember 2021.

Budiyasa mengatakan, terdapat sedikit kendala dialami pada saat pembuatan pondasi jembatan tersebut. “Kendala di bor pile pondasinya. Tanahnya agak keras dan beberapa kali alatnya mengalami kerusakan, sekarang sudah mulai tahap pengecoran,” tandasnya. *mz

Komentar