nusabali

Walikota Jaya Negara Pacu Semangat Kaling/Kadus

Menggencarkan pelaksanaan Tracing Covid-19 di Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-walikota-jaya-negara-pacu-semangat-kalingkadus

DENPASAR, NusaBali
Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara terus pacu semangat kepala lingkungan dan kepala dusun (Kaling/kadus) sebagai tracer Covid-19.

Pada, Senin (9/8) Walikota Jaya Negara bertatap muka dengan Perbekel/Lurah di wilayah  Kecamatan Denpasar Utara (Denut). Didampingi Camat Denut I Nyoman Lodra, Wali Kota Jaya Negara menyampaikan ucapan terima kasih kepada kaling/kadus yang telah bertugas melaksanakan kegiatan jemput bola tracing menyasar masyarakat kontak erat pasien positif Covid-19. “Terima kasih kadus/kaling yang telah bekerja maksimal melakukan jemput bola menyasar kontak erat pasien positif, namun ke depan perlu terus ditingkatkan dengan pola kerja yang tertata,” kata Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan untuk melaksanakan pencatatan data secara detail bagi kaling/kadus sebagai tracer pihaknya juga menyebarkan formulir penyelidikan epidemologi Covid-19. Dari formulir ini nantinya dapat tercatat terkait dengan data nama, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, hingga kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Dari pencatatan data ini dapat diteruskan kepada surveilans dari puskesmas yang bertugas di setiap desa/kelurahan.

Selanjutnya dapat melakukan penanganan langsung berkaitan dengan kondisi kesehatan hingga nantinya dapat dilakukan test hingga tindaklanjut rujukan rumah sakit atau isolasi terpusat.  "Formulir ini ada data kondisi kesehatan jikalau ada kontak erat hingga nama, dan alamat sehingga dari data ini surveilans di desa/kelurahan dapat merekap serta melakukan pemantauan kesehatan,” ujarnya.

Jaya Negara berharap dari langkah ini dapat mempercepat menemukan kasus aktif serta melaksanakan penanganan secara cepat. Penanganan Covid-19 di Kota Denpasar tetap mengedepankan pola penanganan yang terpadu, yakni Tracing, Testing dan Treatment (3T). Karenanya kini kadus dan kaling dilibatkan sebagai tracer dan TNI/Polri serta FK Unud serta Dinas Kesehatan turut dilibatkan menjadi Swaber. Memang  kasus aktif di Kota Denpasar masih cukup tinggi.

Meski demikian, angka kesembuhan pasien juga terus mengalami peningkatan. Sementara Camat Denut, I Nyoman Lodra mengatakan pelaksanan tracing telah dilakukan kaling dan kadus sebagai tracer serta saat ini telah didukung melalui formulir pendataan yang segera ditindaklanjuti. “Tentu dari formulir yang telah diberikan oleh Walikota Jaya Negara ini dapat mencatat data dari tracing yang telah dilakukan secara jemput bola oleh kaling dan kadus,” ujarnya.

Lodra berharap dari pendataan ini dapat mempercepat melaksanakan tugas-tugas di lapangan dengan keterlibatan kadus dan kaling sebagai tracer, TNI, Polri dan Puskesmas untuk mengetahui kondisi di masyarakat hingga langkah penanganan yang dapat dilaksanakan bersama. *mis

Komentar