nusabali

KMHD UI dan Dunia Sekar Ajak Anak-Anak Hindu Tetap Semangat di Tengah Pandemi

Gelar Virtual Event: Spreading Love with Hindu Future Leadership Program

  • www.nusabali.com-kmhd-ui-dan-dunia-sekar-ajak-anak-anak-hindu-tetap-semangat-di-tengah-pandemi

DENPASAR, NusaBali.com –  Lebih dari setahun pandemi melanda dunia, tak ayal ikut mengubah keseharian anak-anak. Mulai dari pembatasan aktivitas sosial hingga berubahnya pendidikan menjadi daring (online).

Bagi anak-anak, perubahan ini tentunya bukan hal yang mudah untuk dijalani. Rasa jenuh, lelah, frustrasi bahkan menjurus ke stres menjadi fenomena yang umum terjadi. Menyikapi situasi ini, Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Indonesia (KMHD UI)  berkolaborasi dengan Dunia Sekar mengajak anak-anak Hindu tetap bersemangat dan optimis dalam perubahan yang terjadi.

Anak-anak Hindu, khususnya mereka yang berusia 7-15 tahun, didorong tetap bersemangat dan optimis menjalani new normal. Bagaimana memberi warna yang berbeda dalam kehidupan anak-anak di masa pandemi menjadi alasan diselenggarakannya kegiatan virtual event untuk anak-anak Hindu Indonesia pada hari Sabtu, tanggal 21 Agustus 2021 mendatang.

Kegiatan yang berlangsung  pukul 09.00-10.00 WIB atau 10.00-11.00 Wita bisa diakses melalui platform Zoom Meeting.

Kegiatan menggandeng Dunia Sekar yang konsisten menerbitkan buku bagi anak-anak Hindu dalam kemasan menarik ini dilandaskan pada dua nilai catur paramitha, yaitu karuna (cinta kasih) dan muditha (simpati) penerima beasiswa Hindu Future Leadership Program (HFLP).

Virtual event ini akan berisikan kelas edukasi dan bermain bersama keluarga HFLP KMHD UI, tentunya dengan nilai-nilai ajaran Hindu secara interaktif. Selain itu, akan ada doorprize yang juga disponsori oleh Dunia Sekar untuk adik-adik yang beruntung.

Acara ini juga menjadi ajang penggalangan punia yang dilakukan melalui pembelian tiket acara. Punia yang terkumpul seluruhnya akan diberikan kepada Pasraman Gurukula, Kabupaten Bangli, Bali.

Pasraman Gurukula merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, terkhusus pendidikan bagi anak-anak Hindu yang kurang mampu. Pasraman Gurukula memiliki siswa-siswi dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Guru-guru di pasraman ini sebagian besar merupakan tenaga pengabdi yang bekerja secara sukarela.

Saat ini jumlah siswa-siswi SD mencapai 100 anak yang akan menjadi bagian dari kegiatan virtual event ini. Menanggapi kegiatan ini, Pasraman Gurukula pun menyambut dengan antusias. “Kami sangat mendukung program ini, program yang bisa menyentuh masyarakat kecil,” ujar Pak Juta, salah seorang pengurus pasraman. “Hindu harus bangkit melalui penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), dimulai dari pondasi bawah, yaitu Taman Kanak-Kanak (TK), juga SD Hindu yang sudah kita mulai,” tambahnya.

Walaupun sedikit kewalahan karena sebagian besar  tenaga pengajar merupakan tenaga kerja sukarela, namun dengan semangat gotong-royong membangkitkan generasi Hindu, Pasraman Gurukula tetap eksis dan semakin berkembang, bahkan Pasraman ini mampu mengantarkan siswanya hingga jenjang pendidikan S2.

Bagi sameton yang ingin ikut berpartisipasi di acara ini, sekaligus berdana punia bisa menghubungi Nia (082340570874) atau langsung mengisi link form sebagai berikut: https://bit.ly/DaftarHadirdanDanaPunia

Komentar