nusabali

Wakil Ketua MPR Dorong Branding Kakao Jembrana

  • www.nusabali.com-wakil-ketua-mpr-dorong-branding-kakao-jembrana

Fadel Muhammad juga mendukung pengembangan sektor pariwisata, yaitu rencana membangun Tibu Kleneng Tower Park (TikTop) di kawasan Tibu Kleneng, Desa Perancak, Kecamatan Jembrana.

NEGARA, NusaBali
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Fadel Muhammad mendorong Pemkab Jembrana menggarap bidang pertanian yaitu cokelat (kakao) dan perikanan. Kedua sektor ini merupakan program utama dan sudah mendapat perhatian pemerintah pusat. Berikutnya, digarap pariwisata dikarenakan adanya tol yang akan dibangun.

Hal itu mengemuka saat Fadel menggelar diskusi bersama perwakilan petani dan OPD sektor pertanian di Jembrana, di rumah jabatan Bupati Jembrana, Jumat (6/8) sore.

Kehadiran Fadel Muhammad dalam rangka kunjungan kerja disambut oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Pj Sekda Jembrana I Made Budiasa dan beberapa pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemkab Jembrana. Dalam diskusi tersebut, Fadel ingin Jembrana fokus pada tanaman kakao sebagai branding daerah. Hal itu dinilai sangat potensial untuk mendorong kemajuan Jembrana, karena kakao Jembrana sangat terkenal dengan kualitas produksi yang sangat bagus. 

Seusai acara tersebut, Fadel mengatakan, banyak hal yang dapat dibawa ke Jakarta untuk diolah dari hasil diskusi bersama Bupati, jajaran dinas terkait, dan aspirasi dari para petani. 

“Kebetulan juga saya merupakan Ketua MAI (Masyarakat Agro Industri) yang membawahi seluruh provinsi. Ini akan kita bawa ke tingkat nasional. Apa yang saya lihat untuk dijadikan sesuatu untuk diolah, dan secara langsung saya akan mengawal ini kepada Menteri Pertanian RI,” kata Fadel.

Fadel mengatakan, harapan lainnya pada potensi Jembrana di sektor perikanan disebutnya juga luar biasa. Fadel juga mendukung pengembangan sektor pariwisata, yaitu rencana membangun Tibu Kleneng Tower Park (TikTop) di kawasan Tibu Kleneng, Desa Perancak, Kecamatan Jembrana. “Kita dukung semuanya. Tetapi kalau saran saya, saat ini yang bisa digarap terlebih dahulu adalah di bidang pertanian yaitu cokelat (kakao) dan perikanan. Kedua sektor ini merupakan program utama dan sudah mendapat perhatian pemerintah pusat. Berikutnya, digarap pariwisata dikarenakan adanya tol yang akan dibangun dan juga pelabuhan udara di Buleleng,” ujar Fadel yang juga mantan Gubernur Gorontalo.

Selain itu, visi atau mimpi besar yang disampaikan Bupati Tamba seperti yang sudah dijabarkan tim, juga sesuatu yang realistis untuk dilaksanakan. “Jembrana bisa bangkit di masa pandemi Covid-19 ini, saya kira adanya penunjang dari bidang pertanian dan perikanan. Selain Jembrana juga mempunyai padi yang bagus dan potensi-potensi lainnya. Sekali lagi, saya sangat optimistis bahwa Jembrana menjadi kabupaten yang maju dan potensi-potensi untuk mendukung untuk itu sangat besar sekali,” ucap Fadel.

Bupati Tamba menyampaikan terima kasih atas kunjungan Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhamad ke Kabupaten Jembrana yang notabene menjadi wilayah paling barat di Pulau Bali. Bupati Tamba mengatakan, secara potensi daerah, Jembrana juga bertumpu pada pertanian. Salah satunya kakao Jembrana yang saat ini menjadi komoditas unggulan Pemkab Jembrana.

Selain kakao, Bupati Tamba menambahkan, Jembrana juga dikenal akan potensi kelautan dan perikanan. Serta potensi pariwisata  yang juga tengah dikembangkan sekarang ini di kawasan Tibu Kleneng. “Semoga kehadiran Bapak Fadel Muhammad dapat menginspirasi kita semua, khususnya belajar dari pengalaman-pengalaman yang beliau peroleh. Serta membawa dampak positif bagi kemajuan di Kabupaten Jembrana,” kata Bupati Tamba. 7 ode

Komentar