nusabali

Rancang Badung Go Tani, Dispertan Rangkul Pengusaha

Bantu Akses Pemasaran Produk Pertanian Lokal

  • www.nusabali.com-rancang-badung-go-tani-dispertan-rangkul-pengusaha

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Badung bakal merancang sistem informasi Badung Go Tani dan merangkul para pengusaha untuk membantu akses pemasaran produk pertanian lokal.

Sistem informasi ini sebagai solusi atas permasalahan klasik yang dihadapi para petani, khususnya terkait peningkatan nilai tambah dan lemahnya akses pemasaran. Demikian terungkap dalam rapat sosialisasi optimalisasi pemasaran produk pertanian melalui Badung Go Tani dengan para pengusaha, pelaku UMKM, dan IKM yang dilaksanakan secara virtual, Rabu (4/8). Kadis Pertanian dan Pangan Badung I Wayan Wijana, mengatakan sistem informasi Badung Go Tani dirancang terdiri dengan dua menu utama, yakni Badung Promotani dan sistem informasi aplikasi Badung Go Tani. Wijana menjelaskan, untuk menu Badung Promotani, yakni sebagai media komunikasi antara petani selaku produsen dengan para pengusaha. Sedangkan sistem informasi aplikasi Badung Go Tani dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan mempermudah, mempercepat pelayanan, pelaporan, info tani, promosi dan pemasaran, agrowisata, info panen, info kemitraan, dan peta potensi pertanian.

“Untuk mendukung Badung Promotani, kami sedang mendata produk-produk pertanian yang layak diperkenalkan kepada para pengusaha. Dengan harapan para pengusaha dapat bekerjasama dalam kemitraan untuk lebih mengutamakan pemanfaatan hasil-hasil pertanian lokal,” jelas Wijana.

Di sisi lain, pihaknya juga sedang menyiapkan rancangan SE Bupati tentang pemanfaatan, penggunaan, dan konsumsi produk pertanian lokal untuk mendorong pertumbuhan sektor pertanian di tengah pandemi Covid-19. Wijana juga mengajak masyarakat untuk lebih memilih produk pertanian lokal untuk kebutuhan sehari-hari maupun sebagai sarana upakara dalam kegiatan upacara keagamaan. Sebab dengan memanfaatkan produk lokal, maka potensial mengangkat pangsa pasar komoditas pertanian khususnya pangan, bunga, dan buah lokal. *ind

Komentar