nusabali

Pastika Minta Ada Pertemuan Semua Kandidat

  • www.nusabali.com-pastika-minta-ada-pertemuan-semua-kandidat

Gubernur Bali Made Mangku Pastika minta dirancang satu pertemuan yang bisa menghadirkan seluruh pasangan calon kepala daerah-wakil kepala daerah yang akan bertarung dalam Pilkada serentak di 6 daerah di Bali, 9 Desember 2015 depan. 

Sinergikan Program Provinsi-Kabupaten

DENPASAR, NusaBali
Pertemuan yang melibatkan seluruh pasangan Cabup-Cawabup/Cawali-Cawawali ini menjadi penting, agar nantinya program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota jadi nyambung.

Permintaan Gubernur Pastika ini disampaikan saat menerima audiensi jajaran KPU Bali selaku penyelenggara Pemilu di Kantor Gubernuran, Niti Mandala Denpasar, Senin (23/11). Rombongan komisioner yang beraudiensi ke Gubernur Pastika kemarin dipimpin langsung Ketua KPU Bali, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandhi.

Pastika menyebutkan, kurangnya pemahaman tentang hubungan pemerintahan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota selama ini seringkali menimbukan masalah. Program pembangunan yang dilaksanakan pun seringkali tidak nyambung. 

Nah, untuk mensinergikan hal tersebut, KPU Bali diminta Pastika bikin satu acara yang bisa menghadirkan seluruh 14 pasangan calon yang akan tarung ke Pilkada Denpasar 2015, Pilkada Badung 2015, Pilkada Tabanan 2015, Pilkada Karangasem 2015, Pilkada Bangli 2015, dan Pilkada Jembrana 2015.

Pastika menegaskan, Pemprov Bali yang nantinya akan menjadi penyelenggara pertemuan dengan seluruh pasangan Calon Bupati (Cabup)-Calon Wakil Bupati (Cawabup) dan Calon Walikota (Cawali)-Calon Wakil Walikota (Cawawali) tersebut. KPU Bali nanti sifatnya hanya memfasilitasi pertemuan. 

Pertemuan dengan semua pasangan calon tersebut patut dihadiri unsur pimpinan daerah yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Dengan begitu, Forkompinda bisa ikut memberikan penilaian terhadap kemampuan masing-masing pasangan calon.

Sementara, saat dihadirkan bersama dalam pertemuan yang difasilitasi KPU Bali nanti, masing-masing pasangan calon harus mempresentasikan program-program yang akan dilaksanakan, untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan mereka tentang pemerintah-an. “Pasangan calon yang maju ini kan maju memperebutkan kursi kepala daerah. Saya yakin mereka semua merupakan putra terbaik Bali,” tandas Pastika di hadapan Dewa Raka Sandhi cs.

Jadi, saya selaku pembina politik di daerah, ingin tahu seberapa jauh pengetahuan mereka tentang pemerintahan, terutama hubungan pemerintahan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota,” lanjut Pastika yang saat menerima jajaran KPU Bali kemarin didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlidungan Masyarakat (Kesbangpolinmas)Provinsi Bali, Putu Gede Jaya Suartama. 

Selanjutnya...

Komentar