nusabali

Sudah Tiga Orang Tewas di Lapangan Puputan

  • www.nusabali.com-sudah-tiga-orang-tewas-di-lapangan-puputan

Angkernya kolam di areal Lapangan Puputan Badung ini, tak terlepas dari sejarah Puputan Badung 1906. Ketika Raja Denpasar bersama pasukannya berguguran di medan perang.

Warga Ikatan Manggarai Ikut Laksanakan Pacaruan Alit


DENPASAR, NusaBali
Pasca terjadinya pembunuhan, sejumlah warga Ikatan Manggarai Barat di Bali, ikut berbaur melaksanakan prosesi Pacaruan Alit di Lapangan Puputan Badung (I Gusti Ngurah Made Agung), tepatnya di areal kolam Senin (24/10) sore.  Untuk diketahui, pada Minggu (23/10) dini hari, di lokasi ini terjadi pembunuhan. Korbannya, Yohannes Jeram, 22, yang ditikam rekannnya sesama perantauan asal Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Wili Brodus Rambi, 21.

Dalam Pacaruan Alit, kemarin, belasan warga Manggarai ini tampak mengenakan pakaian adat Bali seperti kamen, kebaya dan senteng. Pecaruan dengan olahan ayam brumbun ini dipuput oleh Janbanggul Pura Jagatnatha, Jero Mangku IB Widya dari Griya Panti, Banjar Panti, Desa Pemecutan Kaja.

Warga Manggarai ini pun tampak ikut duduk berjejer ketika Jero Mangku menghaturkan pacaruan. Sementara itu, puluhan warga yang beraktifitas di lapangan tampak antusias menyaksikan prosesi sederhana itu.

Ditemui usai pacaruan, Kabag Kesra Pemkot Denpasar I Gusti Ngurah Mataram mengatakan pacaruan alit ini sudah menjadi kewajiban Pemkot untuk melaksanakan. Sebab, kejadian pembunuhan tersebut dilakukan oleh orang luar Bali. Lebih-lebih berbeda keyakinan. "Jika meninggal di tempat umum apalagi pembunuhan, Pemkot wajib kembalikan kesucian dengan pacaruan. Caru alit ini tujuannya untuk kembalikan roh yang meninggal di sini ke Pencipta. Ini hanya sifatnya sementara.Nanti secara keseluruhan akan digelar Tawur Agung Kesanga. Seluruh Denpasar akan dinetralisir dari hal yang tidak baik. Energi positif kita serap, negatif hilangkan," jelasnya. Melalui pecaruan ini, diharapkan warga kota khususnya anak-anak yang bermain di lapangan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


SELANJUTNYA . . .

Komentar