nusabali

Wisata Tiga Dimensi Makin Diminati Kawula Muda Denpasar

  • www.nusabali.com-wisata-tiga-dimensi-makin-diminati-kawula-muda-denpasar

Pulau Dewata seakan tidak ada habisnya menawarkan tempat-tempat wisata baru untuk dikunjungi, baik wisata di alam terbuka maupun wisata di dalam ruangan

DENPASAR, NusaBali

Baru-baru ini, sebuah museum lukisan tiga dimensi pertama dan satu-satunya hadir di Kota Denpasar. Museum itu bernama 3D Interactive Art Museum (I AM) Bali.

Berlokasi strategis di lantai dasar Monumen Perjuangan Rakyat Bali (Bajra Sandhi), kawasan Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala, Denpasar (Lapangan Renon), museum seluas 50 are yang dilaunching sejak 22 Agustus 2016 lalu itu mendapat respon luar biasa dari para pengunjung, utamanya kalangan kawula muda. Maklum saja, museum ini merupakan museum lukisan tiga dimensi pertama yang hadir di Kota Denpasar. Baru berjalan dua bulan, museum yang menyuguhkan 120 lukisan tiga dimensi itu mampu mendatangkan sekitar 200-an pengunjung tiap harinya, bahkan mencapai 1.000 orang setiap akhir pekan.

“Kalau weekdays (Senin-Jumat) tingkat kunjungan per hari sekitar 200-300 orang, tapi kalau sudah weekend dan hari libur lainnya, kunjungannya akan meningkat berlipat, 700 sampai 1.000 orang. Kebanyakan anak muda kisaran 16-35 tahun,” jelas Operational Manager 3D IAM Bali, Ayu Ariastini saat ditemui NusaBali, Rabu (19/10).

Ayu mengungkapkan, museum ini berawal dari ide sang pencetus wahana wisata lukisan 3D tersebut, Rudy Ghozali, melihat potensi destinasi wisata baru di Kota Denpasar yang masih sedikit. Karena itu, Rudy kemudian mencoba mengembangkan destinasi wisata berbeda dengan mengajak para perupa muda Bali mengkonsep lukisan tiga dimensi. Kebetulan, pihak Pemprov memberikan izin kontrak untuk memanfaatkan lantai dasar di Monumen Perjuangan Rakyat Bali itu.

“Kebetulan pak Rudy memang suka seni, dia banyak punya temen pelukis yang belum punya wadah, nah mereka yang jumlahnya sekitar 25 orang itu kemudian diajak mengkonsep lukisan disini. Jadi semua lukisan 3D ini karya anak-anak muda Bali,” tuturnya.

Dikatakan, 120 lukisan tersebut terdiri berbagai tema dan trik lukisan seperti berbagai gambar binatang, kartun, tempat ataupun tokoh ternama, fantasi, suasana alam dan budaya Bali, serta berbagai macam jenis hasil karya lainnya yang menakjubkan. Para pengunjung baik fotografer ataupun pecinta foto dapat dengan puas berfoto ria dengan berbagai pose dan ilusi hebat. Tidak hanya sendiri, tempat menyenangkan itu juga dibantu oleh staf yang ramah yang menyambut dan membantu anda untuk mengambil foto.

Ayu menambahkan, selain menikmati lukisan tiga dimensi, terdapat juga beberapa atraksi 3D lainnya antara lain The Hobbit House (wahana gambar bergrativasi), Flying Class (tempat terbalik dengan lantai sebagai atap), Spooky Room (ruang lukisan di ruang menyeramkan), Magical Board (skate board dibuat miring seolah bisa bermain skateboard) dan Spider Gym (lukisan gym tapi miring).

Sementara setelah puas mencoba segala atraksi berbentuk lukisan 3D, saat keluar ruangan tersedia cafeteria yang menyediakan berbagai makanan dan minuman dengan harga terjangkau. “Tidak hanya itu, tersedia juga wifi gratis bagi para pengunjung. Kalaupun ada masyarakat luar juga boleh hanya sekedar ingin beli makan minum, wifi-an dan berteduh, tidak ikut masuk kedalam (wahana lukisan 3D),” ungkap Ayu.

Ditanya terkait harga tiket, Ayu menambahkan, ada harga khusus yang ditawarkan untuk masyarakat lokal (Bali). Dengan menunjukkan KTP Bali, masyarakat lokal hanya membayar sebesar Rp 50 ribu dan dapat menikmati 120 lukisan yang ada. Sedangkan untuk turis domestik di luar Bali dikenakan tiket sebesar Rp 100 ribu dan turis asing Rp 120 ribu. “Pertimbangan ini juga agar masyarakat Bali bisa menikmati wahana baru, ditempatnya sendiri. Pada bulan ini juga kami promo dengan satu buah soft drink,” imbuhnya.  

Ke depannya, lukisan yang ditampilkan tidak monoton. Di tahun berikutnya, lukisan akan lebih diinovasi dan memberikan warna baru dan sesuai dengan kekinian. “Kita selalu akan menampilkan inovasi-inovasi. Februari tahun depan kami akan ada wahana baru, namun masih diharasiakan,” tutupnya.    in

Komentar