nusabali

Gelar Parade Budaya Menuju KPU, Pastika Juga Diundang Hadir

  • www.nusabali.com-gelar-parade-budaya-menuju-kpu-pastika-juga-diundang-hadir

Sejumlah kader elite Golkar dan Demokrat akan ikut kawal pasangan Dewa Nyoman Sukrawan-Gede Dharma Wijaya (Paket Surya) saat Calon Bupati-Calon Wakil Bupati Buleleng dari jalur Independen tersebut serahkan tambahan KTP dukungan ke KPU Buleleng, Sabtu (1/10) ini.

Paket Surya 'Lunasi' Utang KTP Dukungan


SINGARAJA, NusaBali
Bahkan, Gubernur Bali Made Mangku Pastika selaku Dewan Pembina Demokrat juga diundang hadir. Saat menyerahkan tambahan TKP dukungan ke KPU Buleleng di Jalan Ahmad Yani Singaraja, Sabtu ini, Paket Surya bakal menggelar parade budaya. Jumlah massa yang dilibatkan dalam parade budaya tersebut diperkirakan mencapai seribuan orang.

Massa pendukung Paket Surya direncanakan akan berkumpul dulu di Rumah Perubahan yang berlokasi di depan Taman Kota, Jalan Ngurah Rai Singaraja. Dari sana, mereka akan mengiringi Paket Surya long march menuju Kantor KPU Buleleng di Jalan Ahmad Yani Singaraja, melewati Jalan Pramuka Singaraja, siang sekitar pukul 11.00 Wita.

Informasi yang dihimpun NusaBali di Singaraja, Jumat (30/9), saat penyerahan KTP dukungan ke Kantor KPU Buleleng hari ini, Paket Surya akan dikawal sejumlah elite Golkar, Demokrat, dan PKS. Termasuk di antaranya Ketut Sudikerta, Ketua DPD I Golkar Bali yang kini Wakil Gubernur Bali, serta Gubernur Pastika selaku Dewan Pembina Demokrat.

Tim Paket Surya telah berkirim surat undangan kepada Gubernur Pastika dan Wagub Sudikerta. “Nanti semua elite parpol pendukung dari Golkar, Demokrat, dan PKS akan datang. Mereka semuanya sudah diundang,” ungkap sumber NusaBali di lingkaran parpol pengekor Paket Surya, Jumat kemarin.

Dia menyebutkan, parade budaya saat penyerahan tambahan KTP dukungan Paket Surya yang dimaksudkannya adalah iring-iringan atraksi kesenian, seperti Joged Bumbung dan Tabuh Baleganjur. Dalam pawai budaya ini, ada dua unit mobil hias dengan hiasan Singa.

“Rencananya, Paket Surya akan naik di atas mobil hias tersebut. Mobil hias itu sendiri disiapkan di Desa Bungkulan, Kecamatan Sawan, Buleleng (desa asal Dewa Sukrawan, Red),” ujar sumber tadi.

Betulkah? Dikonfirmasi NusaBali secara terpisah di Singaraja, tadi malam, Dewa Sukrawan tidak menampik akan ada beberapa atraksi kesenian yang mengantar Paket Surya ke Kantor KPU Buleleng. “Kalau dibilang parade budaya, bisa juga. Ya, ada beberapa atraksi kesenian yang ikut. Ada pula Tabuh Baleganjur,” jelas politisi PDIP yang poilih maju sebagai Calon Bupati (Cabup) Buleleng dari jalur Independen ini.

Disinggung soal kemungkinan kehadiran Gubernur Pastika saat penyerahan KTP dukungan ke KPU Buleleng hari ini, menurut Dewa Sukrawan, semua urusan diatur oleh Tim Paket Surya. Dari laporan Tm Paket Surya, dia dapat kepastian semua elite parpol pendukung memang diundang.

“Kalau Pak Gubernur, saya kurang tahu. Itu Tim Paket Surya yang mengundang se-muanya. Tapi, saya berharap Pak Gubernur hadir. Kalau tidak hadir, mungkin beliunya punya kesibukan lain,” papar mantan Ketua DPC PDIP Buleleng 2010-2015 dan Ketua DPRD Buleleng 2009-2014 yang kini menjabat Bendahara DPC PDIP Bali ini.

Menurut Dewa Sukrawan, Paket Surya sudah siap dengan jumlah KTP dukungan tambahan yang diperlukan untuk melengkapi persyaratan pencalonannya di KPU Buleleng. Mantan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Bali dalam Pilgub 2013 ini pun optimistis bisa melewati tahap krusial.

Paket Surya sebelumnya sudah menggalang dukungan KTP melebihi jumlah yang mesti diserahkan ke KPU Buleleng, guna menutup syarat minimal sebanyak 40.283 KTP dukungan. Dalam penggalangan dukungan KTP itu, Paket Surya disokong Golkar dan Demokrat.

Dari kedua parpol pendukung itu, jumlah KTP dukungan untuk Paket Surya yang sudah terkumpul sekitar 40.000 KTP. Dari jumlah itu, sekitar 25.000 KTP digalang Demokrat dan 15.000 KTP lagi disumbangkan Golkar. Di luar itu, Tim Paket Surya juga telah menggalang KTP dukungan sebagai tambahan.

Jika lolos pencalonan, Paket Surya akan bertarung heasd to head melawan pasangan incumbent Putu Agus Suradnyana-dr Nyoman Sutjidra (PAS-Sutji) dalam Pilkada Buleleng, 15 Februari 2017 mendatang. PAS-Sutji merupakan pasangan incumbent (masih menjabat Bupati-Wakil Bupati Buleleng 2012-2017) yang diusung PDIP bersama NasDem-Hanura-Gerindra-PPP-PKB-PAN.

PAS-Sutji sudah mendaftarkan pencalonannya ke KPU Buleleng pada hari pertama pendaftaran, 21 September 2016 lalu. Sedangkan Paket Surya mendaftar di hari terakhir, 23 September 2016. Kedua pasangan calon ini pun telah menjalani serangkaian tes kesehatan di RSUD Buleleng, sepekan lalu. *k19

Komentar