nusabali

Polres Pasang Jaringan Pecalang Intelijen

  • www.nusabali.com-polres-pasang-jaringan-pecalang-intelijen

Jajaran Polres Klungkung dan Polsek menggandeng pecalang untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban di masyarakat (Kamtimas).

SEMARAPURA, NusaBali

Upaya ini juga untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti masuknya aksi terorisme dan tindakan kriminal lainnya.

Pecalang pun dipilih sebagai jaringan intelejen atau disebut Pecalang Intelejen Network (PIN). Seizin Kapolres Klungkung AKBP FX Arendra Wahyudi, Kasat Intelkam Polres Klungkung AKP I Wayan Sueca mengatakan, dipilihnya pecalang sebagai jaringan intelejen karena pecalang lebih mampu menguasai karakter di daerahnya masing-masing. Diharapkan nantinya Pecalang mampu memberikan informasi sekecil apapun. “Informasi ini agar disampaikan kepada Bhabinkamtibmas maupun Kapolsek,” ujar AKP Sueca, Jumat (30/9).

Kata dia, program pecalang Kamtibmas dan PIN ini, teranyar digelar di Desa Pakraman Manduang, Kecamatan/Kabupaten Klungkung, Kamis (29/9) malam, melibatkan 25 pecalang. Pada acara itu para pecalang diberikan beberapa poin penjelasan tentang keberadaan dari pecalang itu sendiri. Hal ini sesuai Perda Provinsi Nomor 3 Tahun 2011, disebutkan pecalang merupakan satuan tugas keamanan tradisional masyarakat di Bali. Pecalang untuk menjaga keamanan dan ketertibana wilayah, baik tingkat banjar hingga ke desa pakraman. “Peran serta pecalang maupun masyarakat sangat kita harapkan dalam menjaga Kamtibmas,” ungkapnya.

Kapolsek Kota Klungkung Kompol I Made Karsa mengatakan, keberadaan pecalang bisa menjadi perpanjangan tangan polisi dalam mengamankan wilayah/desa adatnya masing-masing. Pihaknya mengimbau pecalang untuk selalu waspada terhadap kemungkinan. Apabila terjadi hal-hal yg mencurigakan atau adanya tindak kriminal agar selalu berkoordinasi dengan prajuru adat, Babinkamtibmas dan unsur lainnya.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan sarana berupa rompi pecalang, senter lalu lintas, dan penyematan pin kepada perwakilan pecalang di Desa Pakraman Manduang. “Melalui sinergisitas Polri dan Desa Pakraman kita wujudkan stabilitas Kamtimbas,” ujar Kapolsek. * wa

Komentar