nusabali

Tarung Derajat Menangi 3 dari 4 Semifinal

  • www.nusabali.com-tarung-derajat-menangi-3-dari-4-semifinal

Hanya tinggal memburu dua emas lagi, target Bali meraup 20 medali emas PON 2016 terwujud.  Cabor tarung derajat paling berpotensi merealisasikan target itu.

5 Atlet dari 3 Cabor Buru Dua Emas


BANDUNG, NusaBali
Kontingen PON Bali membutuhkan dua keping medali emas lagi di Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar XIX/2016 demi mewujudkan target total 20 medali emas. Pada  hari terakhir pesta olahraga empat tahunan ini, Rabu (28/9), kontingen asal Pulau Dewata menyandarkan harapan pada lima atlet dari tiga cabor berbeda; tarung derajat, kempo dan atletik nomor marathon.

Dari tiga cabor tersebut potensi untuk melengkapi target peluangnya paling besar ada di cabor tarung derajat yang meloloskan tiga petarungnya.   “Kami menargetkan  tiga petarung ini meraih emas semuanya,” tegas Ketut Gede Sumantara, salah satu pelatih tarung derajat Bali.

Untuk final hari ini , I Made Milantara yang turun di kelas 52 kg menghadapi petarung Jawa Tengah Kuswandi, I Nengah Sudika 67 kg melawan Pian Sopyana (Jawa Barat), dan Adip Gandadi Putra kelas 75 kg bertemu  Tessar Facrhri Wahyu (Jatim). "Ketiga petarung itu kami targetkan meraih medali emas di final," tegas pelatih Tarung Derajat Bali lainnya Ketut Gede Sumantara.

Sebelumnya empat petarung bertanding di laga semifinal, I Made Milantara mengalahkan Muhamad Ali (Riau) dengan skor 2-1. Sementara I Nengah Sudika mengalahkan M Yamin (NTB)  3-0. Sedangkan Adip Gandadimenang 3-0 atas Urbanius Widiyan (NTT). Sayangnya petarung Komang Mardiana harus kalah 0-3 dari Kandar Hasan (Aceh). Kekalahan Mardiana tersebut akhirnya harus puas dengan medali perunggu bersama petarung Jawa Barat Hardis Muis. Sementara medali emas akan diperebutkan  antara Kandar Hasan  melawan petarung NTB Murdani.

Pelatih T Sumantara mengakui Mardani sebenarnya ditarget ke final. Tapi lawan diakui lebih tangguh. Kini dia berharap, dengan tanpa jeda,  tiga petarung tersisa kembali tampil maksimal di PON Jabar. "Ketiga-tiganya yang lolos final kami target emas. Karena itu akan menambah emas Bali di PON Jabar nantinya," jelas Sumantara.

Sementara dari cabor kempo masih menyisakan di nomor randori kelas 60 kg lewat Erasmus Naris Fendi. Satu lagi bertumpu pada Nicolas Albinus Sila nomor Marathon. Dari Marathon lebih berpeluang. Start dimulai pukul 05.00 WIB. Dengan jumlah peserta sebanyak 16 orang. Start dari Kantor Bupati Cibinong, Bogor Jabar dengan menempuh jarak 42 km.

Finis direncanakan di Stadion Pakansari, Bogor mengelilingi jalur Kantor Bupati dan Stadion sebanyak 3 putaran. Adapun sekali keliling jaraknya 14 km, hingga nanti menempuh sampai hitungan 42 km.   Untuk target, Nicolas yang masuk atlet Pelatda grade 1, disebut masuk tiga  besar. Namun situasi terkini mendorong anggota TNI ini menyumbangkan medali emas. “Karena Bali membutuhkan medali di situasi seperti sekarang ini," kata pelatih Atletik Bali, Nyoman Suteja. “Agus Prayogo (Jabar) dan Hamdan (Sumatera Barat) menjadi rival terberat,” imbuh Suteja. *dek

Komentar