nusabali

Inspirasi untuk Kembali ke Alam

  • www.nusabali.com-inspirasi-untuk-kembali-ke-alam

Program Studi Desain Mode (D4) dibawah Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ISI Denpasar  mengadakan Workshop Warna Alam, bertempat di Gedung Cita Hasta Mandala, kampus setempat, Selasa (10/11).

Desain Mode ISI Denpasar Gelar 'Workshop Warna Alam'  

DENPASAR, NusaBali
Prodi Desain Mode yang sebelumnya dikenal dengan Desain Fashion, merupakan Program Studi yang telah berdiri tahun 2012. Perubahan nama ini merupakan penyesuaian dengan nomenklatur yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI). 
Workshop Warna Alam dibuka oleh Dekan FSRD ISI Denpasar Dra Ni Made Rinu MSi. 

 “Saya gembira dan bangga karena Workshop Warna Alam ini dapat memberikan inspirasi kepada mahasiswa untuk selalu dapat membuat bahan-bahan pewarna yang ramah lingkungan sehingga bisa ikut menjaga lingkungan di sekitar kita,” ungkap Ni Made Rinu. 

Dikatakannya, Workshop Warna Alam dilaksanakan sebagai usaha untuk mengenalkan kembali kepada mahasiswa mengenai pengolahan warna yang terinspirasi dari alam. 
Ida Ayu Kade Sri Sukmadewi SSn MErg selaku Ketua Panitia mengungkapkan kegiatan workshop ini merupakan upaya peningkatkan pengetahuan dan keahlian mahasiswa serta pengajar, dan merupakan program tetap tahunan yang dilaksanakan oleh ISI Denpasar. 

Dalam workshop ini, sebanyak 58 mahasiswa Prodi Desain Mode terlibat. Mereka difasilitasi dengan material yang telah disiapkan oleh panitia. Sebagai narasumber, Prodi Desain Mode mengundang pemilik usaha Warna alam, CV Tarum Bali Sejahtera, yaitu I Made Andika Putra. 

Kegiatan workshop ini terbagi menjadi dua (2) sesi yaitu sesi teori dan praktek.  Sesi pertama penjelasan teori tentang wawasan warna alam dan sistem pengolahan bahan yang dilakukan oleh CV Tarum Bali Sejahtera bertempat di ruang kelas Desain Mode. Kemudian sesi kedua adalah praktek, khusus mengenai tata cara praktek dijabarkan dengan proses pengikatan kain dengan karet di ruang kelas Desain Mode kemudian proses pewarnaan yang dilaksanakan di ruang Studio Keramik. Proses pewarnaan dilakukan beberapa tahapan yaitu pencucian, pencelupan dan proses fiksasi. 

Tidak saja mahasiswa yang sangat antusias mengikuti workshop, namun tim panitia beserta pengajar juga turut serta mengikuti tahapan workshop ini hingga selesai. Hal ini membuktikan bahwa Workshop Warna Alam ini sangat inspiratif dan memberikan pengetahuan baru mengenai pengolahan warna alam. 

Workshop ini turut dihadiri oleh pejabat struktural di lingkungan FSRD, Ketua Prodi Desain Mode, serta seluruh dosen Desain Mode.

Komentar