nusabali

Siaga Bencana, Siswa Dilatih Tanggap Darurat

  • www.nusabali.com-siaga-bencana-siswa-dilatih-tanggap-darurat

Kalangan siswa di Bangli menjadi salah satu komponen masyarakat yang mendapatkan  pelatihan ‘tanggap darurat’ atau kebencanaan.

BANGLI, NusaBali
Pelatihan tersebut, tidak lepas dari kondisi geografis Bangli sebagai daerah rawan bencana alam. Di antaranya tanah longsor, banjir bandang dan juga ancaman sambaran petir serta gunung meletus.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) Bangli I Wayan Karmawan menyatakan, agar warga sekolah mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan masalah kebencanaan. “Bagaimana melakukan antisisipasi, apa yang mesti dilakukan seumpamanya bencana terjadi,” jelas  Karmawan, Rabu (27/7).

Misalnya, bagaimana menyelamatkan diri dan menolong orang dalam kondisi darurat bencana. “ Pengetahuan tersebut tentu penting dan berguna,” ujar Karmawan didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik BPPD Bangli I Ketut Agus Sutapa, usai pelatihan penanganan kebencanaan di SMPN 1 Kintamani.

Ditambahkan Agus Sutapa, sosialisasi dan antisipasi penanganan bencana, memang salah satunya ke sekolah-sekolah. “ Nanti akan berlanjut,” tambahnya. Prinsipnya, sekolah diharapkan aman; dari bencana khususnya.

Pelatihan kebencanaan di SMPN 1 Kintamani,  diikuti 50-an peserta yang terdiri siswa, guru pendamping dan lainnya. Selain dari Pemkab Bangli, pelatihan penanganan kebencanaan di SMPN 1 Kintamani, disaksikan pihak Pemrov Bali. Di antaranya Kepala Pelaksana  BPPD Provinsi Bali  I Dewa Made Indra.

Dari pantauan, kalangan siswa antusias mengikuti pemaparan dan teknik-teknik  menyelamatkan diri jika terjadi bencana alam. *k17.

Komentar