nusabali

29 Kapal di Padangbai, Siap Layani Pemudik Lebaran

  • www.nusabali.com-29-kapal-di-padangbai-siap-layani-pemudik-lebaran

Sebanyak 29 kapal siap melayani para pemudik jelang Idul Fitri 1437 Hijriah atau 6-7 Juli 2016, melalui Pelabuhan Padangbai menuju Pelabuhan Lembar, begitu sebaliknya.

AMLAPURA, NusaBali
Masih dimungkinkan, nanti jelang puncak kepadatan arus mudik, jumlah kapal bertambah.Sebab dari 33 kapal yang ada, sementara masuk dok empat kapal. Jelang puncak mudik, akan ada kapal datang dari dok. Kasubsi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli Kesyahbandaraan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Padangbai I Gusti Agung Komang Arbawa memaparkan hal itu di ruang kerjanya, Minggu (26/6).

Besar kemungkinan, jelang puncak mudik kapal yang sebelumnya masuk dok akan kembali beroperasi. Sehingga kapal yang melayani penumpang bisa lebih dari 29 kapal. “Biasanya puncak mudik memasuki H-3, seperti yang terjadi beberapa tahun terakhir. Saat ini situasi penumpang di penyeberangan masih sepi,” jelas Gusti Agung Arbawa.

Disebutkan, empat kapal yang masuk dok, yakni, KMP Salindo Mutiara, KMP Nusa Bhakti, KMP Rodhita, dan KMP Perdana Nusantara. Di bagian lain Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Padangbai I Wayan Rosta mengakui, menghadapi arus mudik Lebaran telah melakukan penataan terutama dengan memperluas areal parkir. Bekas gedung PT ASDP yang berlokasi di sebelah Dermaga II diratakan, sehingga daya tampung parkir di Pelabuhan Padangbai bertambah untuk 20 truk dan 30 kendaraan kecil.

Sebelumnya, parkir tunggu kendaraan kapasitas 52 truk dan 20 kendaraan kecil. Parkir untuk siap masuk kapal 10 truk dan 8 kendaraan kecil. Sedangkan apkir alternatif menampung 24 truk dan 10 kendaraan kecil, total 124 kendaraan. Dengan diperluasnya areal parkir maka daya tampung nanti mencapai 174 kendaraan. Juga dilengkapi ruang tunggu penumpang dengan kapasitas 300 orang, 3 unit tol gate, dan 1 unit loket.

Sebanyak 41 pedagang yang sebelumnya jualan di areal pelabuhan telah direlokasi. “Penataan telah dilakukan, parkir diperluas, dan pedagang direlokasi. Semua demi kenyamanan penumpang,” katanya. 7 k16

Komentar