nusabali

Petugas Perketat Pemeriksaan KTP di Pelabuhan Padangbai

  • www.nusabali.com-petugas-perketat-pemeriksaan-ktp-di-pelabuhan-padangbai

Petugas kepolisian perketat pemeriksaan KTP di pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem jelang arus mudik lebaran.

AMLAPURA, NusaBali
Petugas kepolisian perketat pemeriksaan KTP di pelabuhan Padangbai, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Karangasem jelang arus mudik lebaran. Pemeriksaan terbagi di tiga pos. Petugas terpadu agak kesulitan melakukan kegiatannya mengingat lokasi pos jaga dengan pos pemeriksaan cukup jauh menyusul Gedung PT ASDP Indonesia Ferry Padangbai dibongkar jadi parkir.

Kapolsek Kawasan Laut Padangbai, Kompol I Gede Wali memimpin pemeriksaan identitas penumpang dan kendaraan di tiga pos, Kamis (23/6. Di Pos I petugas memeriksa identitas penumpang, kendaraan, dan barang bawaan sebelum berlayar. Di Pos II, petugas memeriksa penumpang yang baru turun dari kapal. Sedangkan pemeriksaan di Pos III hanya menyasar penumpang pejalan kaki.

Selain melakukan pemeriksaan secara manual, petugas juga memantau lalulalang penumpang melalui CCTV dan patroli. Belum ada penumpang mencurigakan yang ditemukan petugas, baik penumpang tanpa identitas, barang bawaan berupa bahan peledak, senjata api, senjata tajam, dan yang lainnya. “Pemeriksaan secara reguler 24 jam. Belum ada penumpang yang mencurigakan. Jika ketahuan penumpang tanpa KTP, tentu saya kembalikan,” kata Kompol I Gede Wali.

Dikatakan, petugas terpadu dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, TNI, dan Satpol PP agak kesulitan melakukan pemeriksaan sejak pos jaga pindah ke Kantor PT ASDP Indonesia Ferry. Sebab, lokasi pos jaga cukup jauh dengan Pos III Pelabuhan Padangbai.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karangasem I Wayan Sumidia mengatakan, mulai bulan Juni ini menyewa pos jaga di Kantor PT ASDP Padangbai. Sebelumnya numpang di gedung bekas PT ASDP. Dikatakan, menyewa pos jaga sesuai ketentuan Keputusan Direksi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero No KD.45/OP.404/ASDP-2014, per 27 Februari 2014 tentang tarif jasa dan sewa fasilitas pelabuhan dan non pelabuhan di lingkungan PT ASDP. “Kami sewa satu kamar di lantai II seharga Rp 290 ribu per bulan,” ungkapnya. 7 k16

Komentar