nusabali

Nasib Pelabuhan Gunaksa Ngambang

  • www.nusabali.com-nasib-pelabuhan-gunaksa-ngambang

Kelanjutan pasca uji coba sandar Kapal Roro Nusa Jaya Abadi, Rabu (1/6), sangat dinanti-nanti warga.

SEMARAPURA, NusaBali
Nasib pelabuhan antar provinsi di eks galian C Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Klungkung, hingga kini belum jelas alias ngambang. Padahal kelanjutan pasca uji coba sandar Kapal Roro Nusa Jaya Abadi milik Pemkab Klungkung, Rabu (1/6) lalu, sangat dinanti-nanti oleh warga sekitar, maupun warga di Nusa Penida.

Selasa (21/6), salah seorang warga Nusa Penida, Ketut Wenten Ariawan berharap kepada pihak terkait baik di Dishubkominfo Klungkung dan Dishub Bali supaya lebih proaktif untuk segera mewujudkan pengoperasain pelabuhan tersebut. Karena pelabuhan tersebut akan mempermudah akses penyeberangan Nusa Penida - Klungkung, dan sebaliknya. “Saya khawatir jika lama tidak dioperasikan, sarana dan prsana di pelabuhan ini bisa rusak,” ujarnya, Selasa (21/6)

Dihubungi terpisah, Kepala Dishubkominfo Klungkung I Nengah Sukasta saat dikonfirmasi mengatakan, kewenangan pengoperasian pelabuhan ini ada di pemerintah Pusat. Untuk tindaklanjut dari hasil uji coba sandar itu, pihaknya masih menunggu hasil kajian tim satuan kerja (Satker) dari Provinsi Bali dan Pusat. “Disamping itu memang ada beberapa proyek pendukung yang tengah digarap, seperti kantor dan ruang tunggu,” katanya.

Sementara itu, uji coba sandar Kapal Roro beberapa waktu lalu memang sempat terkendala akibat gelombang laut yang relatif tinggi. Hal ini membuat ramp door (pintu kapal) tidak bisa disandarkan ke pelabuhan. Setelah terombang-ambing sekitar 30 menit, akhirnya kapal itu kembali ke pelabuhan di Nusa Penida. 7 w

Komentar