nusabali

Pengenalan Chi

  • www.nusabali.com-pengenalan-chi

Mengundang kebahagiaan untuk masuk ke dalam kehidupan kita sesungguhnya bukan hal yang sulit. Karena sesungguhnya kita cukup menciptakan keseimbangan dalam diri kita dan tempat tinggal kita.

Untuk menciptakan keseimbangan dalam diri kita dan tempat tinggal kita, sebaiknya kita mulai mengenal akan keberadaan Chi. Aliran Chi bagaikan aliran air. Chi bisa mengalir ke segala tempat ruangan hingga kamar untuk membawa manfaat bagi penghuninya. Chi yang menghasilkan kebaikan dalam hidup manusia disebut sebagai Sheng Chi. Sheng memiliki arti menghasilkan atau memproduksi. Jadi, kita sebisa mungkin harus mengisi atau mengalirkan Sheng Chi ke dalam diri kita dan tempat tinggal kita. Namun, ada kalanya beberapa benda buatan manusia atau benda alami dapat menghalangi datangnya Chi kebaikan. Atau bahkan dapat mengubah Chi menjadi panah rahasia Chi yang buruk.

Menurut para ahli, Chi adalah energi yang menghasilkan alam semesta, termasuk manusia. Chi mencakup segalanya, termasuk energi listrik hingga kuman penyebab sakit. Chi juga dapat berupa sesuatu yang bukan benda (seperti fungsi organ) atau bahkan juga keadaan pikiran manusia. Pengaruh Chi dapat dirasakan di kedalaman laut terdalam, sampai ke puncak gunung tertinggi, tanpa terbatas ruang. Namun, ada kalanya banyak manusia yang mempertanyakan energi yang tidak tampak ini. Yang pasti, semua ruang kehidupan manusia dapat dihidupkan oleh Chi.

*Chi Dalam Tubuh Manusia
Dalam tubuh manusia, Chi dimaknai sebagai energi yang mengalir melalui Meridian Kolateral (Jing Luo). Untuk mendapatkan manfaat dari aliran energi ini, manusia harus mengikuti hukum keharmonisan hidup dengan alam semesta. Penyakit itu sendiri melambangkan ‘ke-ngoyo-an’ tubuh. Manusia yang menghargai sehat dan umur panjang, harus bekerja dengan ‘santai’ dan menghindari ‘ngoyo’. Umur panjang adalah menjadi tua dengan fungsi tubuh yang masih utuh.

Untuk menjadi sehat, tentunya kita memerlukan keseimbangan energi Yin dengan Yang di dalam tubuh. Menjadi sehat berarti telah menemukan cara menyeimbangkan Chi, menghindari kekurangan Chi dan menghindari kemacetan aliran Chi.

Rasa sakit, adalah pesan fisik yang dikirmkan oleh tubuh untuk memperingatkan kita tentang adanya ketidakseimbangan Chi. Rasa sakit akan terus ada selama ketidakseimbangan Chi tetap terjadi. Untuk menghilangkan nyeri tersebut diperlukan upaya untuk menyeimbangkan Chi dengan cara antara lain, tusuk jarum, pengobatan menggunakan moksa, pijat, minum ramuan obat ataupun juga bisa dengan meditasi, dan berlatih senam tenaga dalam (Chi Kung). Tentu akan menjadi suatu hal yang baik apabila kita selalu terus berusaha untuk menyeimbangkan aliran Chi dalam tubuh. Jangan lupa bahwa berusaha untuk mencapai kesehatan yang baik dan umur panjang adalah merupakan bagian dari seni menyeimbangkan diri dengan alam semesta.

*Chi Dalam Bentuk Tanah
Untuk dapat menikmati keberadaan Chi kebaikan, diperlukan sebuah tempat tinggal dengan landscape yang ideal. Bentuk yang ideal menurut ilmu Feng Shui adalah yang memiliki bukit penunjang atau tanah yang lebih tinggi di bagian belakang, dengan kedua lengan ke arah kanan dan kiri, serta di bagian depan ada ruang terbuka dengan aliran air yang tidak terlalu deras.

*Chi Dalam Iklim
Dari segi iklim, Chi adalah energi yang dibawa oleh udara atau angin. Ke mana pun udara mengalir, maka ke sana pula Chi ikut mengalir. Chi juga dapat menembus dinding. Ruangan yang tidak berjendela, bukan berarti tidak terkena Chi. Setiap bangunan yang memiliki semacam jalan keluar masuk udara dan ventilasi, memungkinkan Chi untuk dapat masuk.

Chi juga bersifat dinamis. Chi tidak saja dapat diperlambat atau dipercepat alirannya, namun bahkan dapat diubah dan diatur arahnya. Pintu dan jendela dapat mengurangi besarnya hambatan yang dapat dialiri Chi. Pintu dan jendela juga dapat menciptakan arah yang baru untuk aliran Chi, sehingga kita dapat mengatur dari mana datangnya Chi, dan akan ke mana arah mengalirnya Chi. Dalam mengatur aliran Chi, tentunya harus diupayakan untuk mencapai keseimbangan. Pengaturan pintu, jendela, ruangan, kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan perabot di dalamnya, dapat mempengaruhi aliran Chi di dalam rumah dan sekitar rumah. Dalam setiap aspek, kita harus berupaya mendapatkan aliran Chi yang seimbang. 7


Komentar