nusabali

Ricciardo Kalahkan Duo Mercedes

  • www.nusabali.com-ricciardo-kalahkan-duo-mercedes

Nico Rosberg atau Lewis Hamilton yang biasa jadi langganan pole position harus menyerahkan posisi terdepan untuk Daniel Ricciardo.

MONTE CARLO, NusaBali
Daniel Ricciardo akan memulai balapan Formula 1 di GP Monaco 2016 dari posisi pole untuk kali pertama dalam kariernya. Pembalap Red Bull itu berhasil merebut posisi pole  usai finish tercepat di sesi kualifikasi, Sabtu (28/5) malam Wita.

Setelah menunjukan penampilan stabil di sesi latihan bebas, Ricciardo berhasil membuat timnya memulai balapan dengan lebih menyenangkan. Ricciardo finish tercepat di kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 13.622 detik.  Ricciardo dibuntuti dua pembalap Mercedes yang gegal mencatatkan waktu tercepat. Nico Rosberg di posisi kedua sementara Lewis Hamilton di posisi finish ketiga tercepat.

Babak kualifikasi ini juga diwarnai sejumlah insiden. Felipe Nasr dari Sauber sudah mengalami masalah di awal sesi. Bagian belakang mobilnya mengeluarkan asap, membuat bendera merah dikibarkan saat ia menepi. Mobilnya lalu diangkat dengan crane untuk bisa dipindahkan dari lintasan.

Selanjutnya giliran Max Verstappen kmenghantam pagar pembatas ketika sesi Q1 menyisakan sekitar 6,5 menit lagi, membuat bendera merah kembali dikibarkan. Lewat radio komunikasi dengan timnya, Verstappen menyatakan dirinya baik-baik saja.

Di akhir Q1, ada enam pembalap yang tercoret dan tak bisa lanjut ke Q2. Pembalap Indonesia Rio Haryanto ada di antaranya walaupun ia mampu mengungguli rekan setimnya di Manor, Pascal Wehrlein. Bagi Rio, ini merupakan kali pertama dia berhasil mengalahkan catatan waktu Pascal di sesi kualifikasi jelang GP F 1.

Tanpa Marcus Ericcson, Jolyon Palmer, Rio, Pascal, Verstappen, dan Nasr yang sudah tercoret, sesi Q2 kemudian dilangsungkan.  Di sesi Q2 tak ada insiden seperti di sesi sebelumnya. Valtteri Bottas, Esteban Gutierrez, Jenson Button, Felipe Massa, Romain Grosjean, dan Kevin Magnussen tercoret di akhir sesi ini. Di awal Q3, Hamilton tampak mengalami masalah mesin karena mobilnya tidak bisa melaju. Belum melewati white line, ia pun bisa dibantu krunya untuk mendorong balik mobil ke dalam garasi.

Hamilton akhirnya meluncur ke lintasan. Ia berusaha mengejar Ricciardo yang saat itu membukukan waktu tercepat--dengan Rosberg, sementara ada di posisi dua. Pada akhirnya Ricciardo berhasil mempertahankan catatan waktu tercepat untuk meraih posisi pole, diikuti Rosberg di posisi dua dan Hamilton di posisi tiga. Itulah pole perdana Ricciardo di F1 dan yang pertama buat Red Bull selepas 2013.

Sebastian Vettel dari Ferrari menyudahi sesi ini di posisi empat, diikuti Nico Huelkenberg dari Force India. Kimi Raikkonen, rekan setim Vettel, ada di posisi enam tapi ia akan mendapat penalti turun lima posisi start akibat pergantian girboks. Carlos Sainz (Torro Rosso), Sergio Perez (Force India), Daniil Kvyat dari Toro Rosso, dan Fernando Alonso yang membela McLaren melengkapi 10 besar.7

Komentar