nusabali

Debut Sensasional Marcus Rashford

  • www.nusabali.com-debut-sensasional-marcus-rashford

Mimpi Marcus Rashford berlanjut. Setelah laga debut Liga Euro dan Premier League langsung mencetak gol, kini debut bersama Timnas Inggris juga langsung berbuah gol.

SUNDERLAND, NusaBali
Bomber muda Manchester United melakukan debut cemerlang bersama Timnas Inggris. Satu gol Rashford membantu The Three Lions menang 2-1 atas Australia pada laga pemanasan jelang Piala Eropa 2016, Sabtu (28/5) dini hari Wita. Kemenangan ini juga meneruskan tren positif Inggris. Sebelumnya, mereka menang dengan skor identik pada laga persahabatan menghadapi Turki, Minggu (22/5).

Pada laga yang digelar di Stadium of Light ini, manajer Inggris Roy Hodgson melakukan eksperimen dengan menurunkan Rashford sebagai starter didampingi dua winger lincah, Raheem Sterling dan Adam Lallana. Kepercayaan Hodgson dibayar lunas oleh Rashford. Pemain 18 tahun itu cuma butuh tiga menit saja untuk membukukan gol perdana bersama timnas Inggris. Rashford memperdaya kiper Australia Mathew Ryan dengan tendangan akurat kaki kanan usai memanfaatkan umpan silang Raheem Sterling yang membentur salah seorang pemain Australia. Statistik Squawka mencatat, Rashford menjadi pemain termuda dalam sejarah yang mencetak gol di laga debut bersama tim senior Inggris dalam usia 18 tahun 208 hari.

Soal pencetak gol termuda, dia berada di urutan ketiga di belakang Wayne Rooney dan Michael Owen. Rooney memegang pencetak gol termuda Inggris dalam usia 17 tahun 317 hari. Namun, gol pertama Rooney dan Owen  bagi timnas bukan terjadi pada laga debutnya.

Pemain jebolan akademi MU ini benar-benar menjadi bintang kemenangan Inggris. Pergerakan tanpa bola Rashford mengawali terciptanya gol kedua Inggris pada menit 55.

Lewat serangan balik cepat, Rashford dengan jeli meloloskan bola untuk Sterling. Kemudian Sterling mengirim umpan akurat yang dengan dingin diselesaikan oleh Wayne Rooney. Ini adalah gol ke-52 Rooney tetapi merupakan yang pertama dicetaknya sebagai pemain pengganti.

Di menit ke-62, Rashford meninggalkan lapangan dan mendapat standing ovation dari para penonton, saat digantikan Ross Barkley. Sayang gawang Inggris harus kebobolan di menit 75 lewat gol bunuh diri Eric Dier. "Saya gembira untuk dia (Rashford)," ungkap Hodgson kepada ITV seusai pertandingan. "Dia jelas sedikit kelelahan di babak kedua tapi itu wajar ketika Anda memainkan pertandingan pertama Anda."

"Sebuah debut yang luar biasa. Saya masih punya waktu sampai hari Selasa (untuk menentukan skuat untuk Piala Eropa). Saya sempat bilang bahwa dia jelas tidak akan kehilangan kesempatan tapi saya mempunyai keputusan-keputusan dan pilihan-pilihan sulit untuk dibuat."

Musim 2015-16 menjadi terobosan besar bagi Rashford setelah promosi ke tim utama MU. Rashford mencetak dua gol di laga debutnya dengan 'Setan Merah' dalam kemenangan 5-1 atas Midtjylland di Liga Europa (25 Februari 2016), juga membukukan sepasang gol di laga debutnya di Premier League saat mengalahkan Arsenal 3-2 (28 Februari 2016).

Komentar