nusabali

Gus Sukarta Digadang Maju Pilgub

  • www.nusabali.com-gus-sukarta-digadang-maju-pilgub

Pemilihan Gubernur-Wagub (Pilgub) Bali baru akan dihelat pada tahun 2018 mendatang.

Aspirasi DPC Gerindra Se Bali, Kader Sendiri Diprioritaskan

DENPASAR, NusaBali
Namun Partai Gerindra melalui aspirasi para Ketua DPC seluruh Bali sudah memastikan akan mengusung kadernya sendiri di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak gelombang III itu. Adalah Ketua DPD Gerindra Bali, Ida Bagus Putu Sukarta yang bakal diusung. Paketnya akan ditandemkan dengan kader partai lain dalam balutan koalisi parpol.

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Provinsi Bali, I Nyoman Suyasa di Denpasar, Rabu (25/5) mengatakan Gerindra memastikan usung Gus Sukarta sebagai Cagub Bali 2018. "Dari aspirasi-aspirasi para Ketua DPC sepakat mengusung kader sendiri di Pilgub Bali. Kandidat Cagubnya Ketua DPD Gerindra, Ida Bagus Putu Sukarta," ujar Suyasa. Menurut Suyasa deretan kader terbaik Gerindra banyak yang layak untuk diusung pada Pilgub 2018. 

"Dari kader Gerindra Bali yang terbaik itu Gus Sukarta yang kita akan usung. Dari sisi elektabilitas (tingkat keterpilihan), sumber daya manusia Gus Sukarta sangat layak," ujar Suyasa. Gus Sukarta adalah anggota DPR RI yang duduk di Komisi X. Politisi senior Gerindra Bali ini adalah deklarator Gerindra di Bali. Dia juga anggota Dewan Pembina DPP Gerindra. "Jadi dari sisi kelayakan dan kepatutan Gus Sukarta memenuhi syarat," tegas anggota Komisi III DPRD Bali ini. 

Kata Suyasa, Gerindra dengan kekuatan 12 persen suara di Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 memiliki 7 kursi di DPRD Bali. Gerindra hanya memerlukan 8 persen suara untuk mencapai 20 persen dalam persyaratan mengusung paket calon."Gerindra sudah menyiapkan strategi untuk mencari partner koalisi," ujarnya.

Sementara Ketua DPC Gerindra Badung, I Gusti Ketut Puriartha secara terpisah juga membenarkan Gerindra sudah mulai menyiapkan tarung Pilgub Bali. Kata pria yang akrab dipanggil Gus Krobo ini kader terbaik Gerindra Bali saat ini Gus Sukarta. "Dari sejumlah aspirasi di DPC mengarah ke Gus Sukarta. Kami di DPC komitmen mengedepankan dan mengutamakan kader sendiri. Kalau koalisi jelas kami akan koalisi," ujar politisi asal Banjar Muding, Kelurahan Kerobokan, Badung ini.

Gus Krobo menyebutkan meskipun sudah mengerucut ke Gus Sukarta, survei internal untuk menguji elektabilitas kandidat tetap akan dilaksanakan nanti. "Survei itu untuk menguji kekuatan kader dan menguji kekuatan lawan. Yang jelas napas Gerindra Bali adalah utamakan kader sendiri. Prioritas itu," jelas Gus Krobo.

Sementara Gus Sukarta yang dihubungi di Jakarta, Rabu kemarin terkait dengan aspirasi para DPC mengatakan menyerahkan sepenuhnya kepada mekanisme partai. Gerindra akan berproses H-6 bulan Pilgub Bali. "Sekitar Juni 2017 nanti baru dipastikan tahapan Pilgubnya. Saat itu kita sudah siapkan paket. Siapa orangnya kita lihat nanti," kata Gus Sukarta seraya membenarkan Gerindra akan prioritaskan kader sendiri di Pilgub Bali. 7 nat

Komentar