nusabali

Hari Ini, 985 Peserta Ikuti Tes Tulis

  • www.nusabali.com-hari-ini-985-peserta-ikuti-tes-tulis

Ombudsman RI Provinsi Bali akan memantau jalannya tes tulis yang digelar di GOR Ngurah Rai

Seleksi Penyuluh Bahasa Bali

DENPASAR, NusaBali
Setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi, sebanyak 985 orang yang melamar menjadi tenaga kontrak/non PNS Penyuluh Bahasa Bali bakal menjalani tes tulis pada hari ini, Rabu (4/5) di GOR Ngurah Rai, Denpasar.

Ketua Tim Seleksi Perekrutan Tenaga Kontrak/Non PNS Penyuluh Bahasa Bali, Drs I Gde Nala Antara MHum mengatakan, tes tulis akan diadakan mulai pukul 10.00 wita. Dengan demikian, peserta diharapkan sudah datang dan melakukan registrasi pukul 09.00 wita, mengingat banyaknya peserta yang ikut tes tulis tersebut. "Yang mengikuti sebanyak 985 orang, jadi absensinya pasti memakan waktu. Kami harapkan peserta datang lebih awal sehingga tes bisa berjalan tepat waktu," ujarnya.

Semula pelaksanaan tes tulis bagi peserta Penyuluh Bahasa Bali Non PNS rencananya akan dilaksanakan di GOR Lila Bhuana. Namun karena ada kegiatan yang dilakukan di GOR tersebut selama tanggal 2-5 Mei, maka pelaksanaan tes tulis dilakukan di GOR Ngurah Rai. "Mungkin ini sedikit kendala bagi kami. Namun besok (hari ini, red) kami sudah siapkan segala sesuatunya. Kalau kesiapan yang lain kami rasa tidak ada masalah," jelasnya.

Lebih lanjut Nala Antara mengatakan, peserta akan mengikuti tes tulis menyangkut bidang keahlian bahasa, aksara, dan sastra Bali yang akan dilakukan dalam satu sesi. Kemudian, hasilnya akan diumumkan pada 9 Mei 2016 mendatang. "Karena tempatnya di GOR jadi cukup menampung semua dalam satu kloter," ucapnya.

Dalam pelaksanaan tes tulis ini, kata Nala Antara, Dinas Kebudayaan Provinsi Bali sebagai leading sector juga telah mengundang perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bali untuk memantau jalannya tes tulis tersebut.

Berdasarkan data yang dirilis Disbud Bali, hasil seleksi administrasi perekrutan tenaga kontrak/non PNS Penyuluh Bahasa Bali, peserta yang lolos 114 orang berasal dari Kabupaten Badung, Bangli 111 orang, Buleleng 122 orang, Denpasar 94 orang, Gianyar 157 orang, Jembrana 31 orang, Karangasem 213 orang, Klungkung 63 orang, dan Tabanan 80 orang.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha beberapa waktu lalu mengatakan, dalam rangka penempatan dan mengkoordinir pelaksanaan tugas 716 orang penyuluh Bahasa Bali, nantinya Disbud Bali akan berkoordinasi dengan Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP), serta Bendesa Adat.

Sementara untuk tes selanjutnya yakni tes interview dilaksanakan 17-20 Mei di Art Centre, Denpasar. 7 i

Komentar