nusabali

Atap Gedung TK Nyaris Roboh

  • www.nusabali.com-atap-gedung-tk-nyaris-roboh

Buat sementara TK Negeri Pembina pinjam salah satu ruangan di GOR Melaya, namun jika ada kegiatan olahraga terpaksa murid diliburkan.

NEGARA, NusaBali
Gedung TK Negeri Pembina Melaya, Desa Nusasari, Kecamatan Melaya, Jembrana rusak parah. Atap gedung nyaris tumbang, plafon dan genteng juga nyaris jebol. Buat sementara proses belajar mengajar (PBM) dipindah memanfaatkan gedung olahraga (GOR) Melaya. Alasannya, para guru dan murid takut jadi korban reruntuhan gedung yang rusak.  

Informasi di lapangan, sebanyak 46 murid di TK Negeri Pembina Melaya sudah ‘diungsikan’ ke GOR Melaya sejak dua bulan lalu. Sementara kerusakan gedung TK itu telah terjadi sejak tiga bulan lalu. Kerusakan itu pun telah dilaporkan ke Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Dikporparbud) Jembrana. Dinas Dikporparbud memastikan segera melakukan perbaikan. Namum hingga tri wulan pertama tahun anggaran 2015, gedung sekolah tak kunjung diperbaiki. “Katanya tender ada masalah, makanya masih lambat,” keluh salah seorang wali murid, Senin (2/5).

Menurutnya, jika kondisi sudah darurat karena menyangkut pendidikan, perbaikan gedung sekolah mestinya bisa diprioritaskan. Bukan sebaliknya ditunda-tunda hingga ada korban. Masih beruntung bisa pinjam salah satu ruangan di GOR Melaya yang jaraknya dekat dengan sekolah. Jika tak ada gedung yang bisa dipinjam, para murid tak menutup kemungkinan belajar di halaman sekolah dengan menggunakan tenda darurat. Bahkan tidak menggunakan atap sama sekali jika minim dana. Ditambahkan, gedung TK ini dibangun tahun 2008 dengan kontruksi atap kap baja ringan.

Kepala Sekolah TK Negeri Pembina Melaya, Lilik Wardani mengatakan, proses PBM menggunakan GOR Melaya masih dapat berjalan dengan baik. Hanya saja, ketika ada kegiatan di GOR Melaya, pihaknya terpaksa harus menunda proses PBM atau meliburkan para murid. “Kalau masalah kerusakan, sudah berulangkali kami komunikasikan dengan Diknas. Katanya sudah disiapkan anggaran Rp 350 juta tahun ini. Tetapi kaena harus lewat tender, jadi perlu menunggu tendernya,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Dikporaparbud Jembrana, Nengah Alit mengatakan, untuk perbaikan gedung TK Negeri Pembina Melaya sudah dianggarkan tahun ini. Eksekusi perbaikannya juga tahun ini. Hanya saja masih menunggu penenderan di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkab Jembrana. “Segala dokumen sudah ke ULP. Sudah kami upayakan biar segera perbaiki tahun ini,” terangnya. 7 ode

Komentar