nusabali

Pohon Pule Tumbang, Lalin Krodit

  • www.nusabali.com-pohon-pule-tumbang-lalin-krodit

Pohon pule yang tumbang juga menimpa atap Bale Petapakan di Pura Puncak Desa Dalem. 

MANGUPURA, NusaBali
Warga Banjar Ulapan 1, Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal, Senin (2/5) pagi dikejutkan dengan tumbangnya pohon pule yang menutup badan jalan. Meski tak ada korban jiwa, namun pohon setinggi sekitar 20 meter yang melintang di badan jalan mengakibatkan arus lalu lintas di desa tersebut menuju Desa Sobangan, Abiansemal krodit beberapa saat.

Selain menutup badan jalan, kabel listrik di TKP juga putus. Pohon pule tumbang juga mengakibatkan kerusakan pada atap Bale Petapakan di Pura Puncak Desa Dalem. Diduga pohon tersebut tumbang karena terjangan angin.

Pohon yang tumbang berhasil dievakuasi setelah tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kabupaten Badung melakukan pemotongan dan pembersihan dibantu oleh Babinsa, DKP Badung, aparat desa, dan masyarakat setempat.

“Kejadian pohon tumbang sekitar pukul 06.30 Wita. Setelah petugas melakukan pembersihan dengan dibantu warga, situasinya sudah kondusif serta lalin kembali lancar,” kata Kepala BPBD Badung I Nyoman Wijaya.

Untuk kerusakan Bale Petapakan di Pura Puncak Desa Dalem yang sempat tertimpa pohon tumbang, menurut Wijaya, tidak menimbulkan kerusakan parah. “Hanya menimpa genteng/atap bale saja dan rusak ringan. Perkiraan kerugian sekitar Rp 2 juta,” kata pejabat asal Mengwi, tersebut.

Sementara di bagian lain, pohon beringin di Banjar Tengah Tangeb, Desa Abianbase, Kecamatan Mengwi, terbakar sekitar pukul 03.00 Wita. Belum diketahui secara pasti penyebab terbakarnya pohon beringin setinggi sekitar 15 meter dan diameter 5 meter tersebut. “Belum tahu tiba-tiba saja terbakar. Pertama sekitar pukul 03.00 Wita, dan sekitar pukul 09.00 Wita terbakar lagi,” kata Kasi Logistik BPBD Badung I Gede Suarjaya.

Atas terbakarnya pohon beringin yang diperkirakan berusia puluhan tahun itu, pemerintah mengerahkan sedikitnya empat unit mobil pemadam kebakaran. 7 asa

Komentar