nusabali

Pemkab Badung Talangi Rp 6 Miliar

  • www.nusabali.com-pemkab-badung-talangi-rp-6-miliar

Bupati I Nyoman Giri Prasta mengisyaratkan akan mencairkan bantuan renovasi Pasar Desa Adat Legian dari APBD Badung tahun 2016.

Renovasi Pasar Desa Adat Legian  

MANGUPURA, NusaBali
Renovasi Pasar Desa Adat Legian yang terbakar pada Rabu, 6 Januari 2016, lalu belum terealisasi sampai sekarang. Masalah anggaran disebut-sebut jadi kendala. Kabarnya renovasi pasar di Jalan Sri Rama kawasan Banjar Legian Kaja, Kelurahan Legian, Kecamatan Kuta, itu memerlukan anggaran antara Rp 5,5 miliar hingga Rp 6 miliar.

Pasar dengan luas lahan mencapai 30 are itu luluh lantak akibat diamuk api pada Rabu (6/1/2016) sore. Nyaris tidak ada yang tersisa dalam peritiwa kebakaran hebat tersebut. Para pedagang pun terpaksa sementara berjualan di emperan pasar tersebut, sebelum direlokasi ke Wantilan Pura Dalem Kahyangan Desa Adat Legian.

Bendesa Adat Legian IGN Sudiarsa, dalam sebuah pertemuan yang dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Minggu (1/5), di Wantilan Wiswa Budaya Kantor LPD Desa Adat Legian, menyatakan pembangunan Pasar Desa Adat Legian memerlukan biaya yang cukup besar. “Kami perkirakan anggaran Rp 5,5 miliar sampai Rp 6 miliar,” ungkapnya.

Selain pembangunan pasar pagi, Desa Adat Legian juga berencana membangun pasar seni, sarana pendidikan seperti TK/PAUD, serta sekolah tingkat lanjut. Hal itu juga terungkap dalam pertemuan tersebut. Tak hanya itu, IGN Sudiarsa juga merencanakan pembangunan tempat pengolahan sampah terpadu. Karena itu pihaknya berharap program-program yang diagendakan dapat dibantu oleh pemerintah.

Bupati Giri Prasta pada kesempatan tersebut berjanji akan mendukung program kerja Desa Adat Legian. Termasuk mendukung sepenuhnya pembangunan Pasar Desa Adat Legian. “Untuk pembangunan pasar pagi, kami akan menurunkan dana sebesar Rp 6 miliar tahun ini juga,” kata bupati yang juga didampingi Camat Kuta I Gede Rai Wijaya dan Lurah Legian I Made Madia Surya Natha.

Bupati bahkan mengisyaratkan akan mencairkan bantuan itu dari APBD Badung tahun 2016. Bupati berharap dengan bantuan ini diharapkan renovasi pasar yang dimanfaatkan masyarakat ini dapat segera dilakukan.

Terkait rencana pengolahan sampah terpadu, bupati juga sangat mendukung. Menurut dia, sampah sudah menjadi masalah klasik yang harus segera ditangani.

Untuk menunjang pariwisata, Bupati Giri Prasta berjanji akan memaksimalkan Sentral Parkir Kuta. Kemudian pembangunan underpass di bundaran Tol Bali Mandara-Bandara Ngurah Rai, serta pembangunan jalan lingkar barat auto ring road. Bupati juga berjanji menindak tegas kendaraan yang parkir bukan pada tempatnya, serta taksi-taksi liar yang menjadi salah satu sumber kemacetan lalu lintas di Kuta dan Legian. 7 asa

Komentar