nusabali

Arus Balik Galungan Membludak

  • www.nusabali.com-arus-balik-galungan-membludak

Puncak arus balik penumpang pasca Hari Raya Galungan dari Nusa Penida, Klungkung ke Klungkung daratan, terjadi Jumat (12/2). 

SEMARAPURA, NusaBali
Saking membludaknya penumpang, sejumlah armada harus menambah trip penyeberangan, baik menuju Lembongan, Tribuana Desa Kusamba, Klungkung maupun Sanur, Denpasar.

"Biasanya penyeberangan reguler melayani 3 trip, kini arus balik menjadi 11 trip,” ujar Pengelola Gangga Express I Nyoman Landep, di Pelabuhan Sampalan Nusa Penida Jumat (12/2). Kata dia, Kamis (12/1) arus balik masih lenggang, hal ini lebih disebabkan warga rantuan masih menikmati waktu bersama keluarga. Disamping itu acara pentas musik yang berlangsung, juga menjadi penyebab warga enggan balik. “Warga Jumat pagi, sekitar pukul 06.00 Wita, sudah mengantre di pelabuhan,” terangnya. Sementara pelabuhan lain juga mengalami hal sama. Seperti Armada Sekar Jaya Marine regular, kali ini pihaknya mengangkut hingga 3 trip.

Sebelumnya, warga rantauan pulang ke Nusa Penida, menjelang Galungan ini, sejak Minggu (7/2) lalu. Salah satunya lewat Pelabuhan Tribuana, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan. Bahkan saat itu warga nampak berdesak-desakan untuk memperoleh tiket penyebrangan ke Nusa Penida dengan menggunakan boat. Karena keberangkatan pagi menumpuk, sejumlah penumpang yang datang sekitar pukul 06.00 Wita hingga tidak mendapatkan tiket. Mereka terpaksa harus mengantre sampai pukul 11.00 Wita. Untuk mengkover para penumpang beberapa pemilik boat menambah trip, hingga 8 kali, dari sebelumnya 4 kali. Untuk harga tiketnya sebesar Rp 55 ribu/orang, dengan kapasitas boat mulai dari 50-80 penumpang. 7 w

Komentar