nusabali

Warga Mudik, Pelabuhan Membludak

  • www.nusabali.com-warga-mudik-pelabuhan-membludak

Pelabuhan Tribuana di Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Klungkung, Senin (8/2), dibanjiri penumpang. Karena menjelang Galungan, warga dari Kecamatan Nusa Penida, pulang alias mudik ke kampung halamannya.

SEMARAPURA, NusaBali
Di Pelabuhan Tribuana, warga nampak berdesak-desakan untuk memperoleh tiket penyebrangan ke Nusa Penida dengan menggunakan boat. Karena keberangkatan pagi menumpuk, sejumlah penumpang yang datang sekitar pukul 06.00 Wita hingga tidak mendapatkan tiket. Mereka terpaksa harus mengantre sampai pukul 11.00 Wita. Beberapa pemilik boat menambah trip (perjalanan). Harga tiketnya Rp 55 ribu/orang dengan kapasitas boat antar 50 - 80 penumpang.

Pengawas Pelabuhan Tribuana dari Diskominfo Klungkung Made Suardika mengatakan, pada hari biasa dan cuaca normal, penyeberangan bisa dilakukan hingga enam kali, yakni tiga kali di pagi hari dan tiga kali sore hari. Namun, kini sampai delapan kali. Kenaikan penumpang sudah terjadi sejak Minggu (7/2) lalu. “Lonjakan penumpang mungkin terjadi pada Selasa (9/2),” ujarnya. Pihak pelabuhan juga akan menjadwalkan keberangkatan lebih awal, yakni pada pukul 06.00 Wita dari jadwal biasanya pukul 07.30 Wita.

Selain itu, pengiriman barang berupa sembako juga meningkat sebelum hari raya. Peningkatan pengiriman barang ke Nusa Penida terjadi sejak Jumat (5/2) lalu. Mengenai arus balik diprediksi terjadi pada Jumat (12/1) sampai Minggu (14/12) nanti.

Seorang penumpang asal Desa Karangsari, Nusa Penida, Made Wina mengaku, ia cukup banyak membawa barang, seperti buah-buahan dan busung serta bahan hiasan penjor. “Karena Harga barang di Nusa Penida lebih tinggi ketimbang di Klungkung daratan,” ungkapnya. 7 w

Komentar