nusabali

Ormas Binaan JK Bebaskan Kader di Pilgub Bali

  • www.nusabali.com-ormas-binaan-jk-bebaskan-kader-di-pilgub-bali

Jelang Pilgub Bali 2018 akan banyak kandidat mencari dukungan.

DENPASAR, NusaBali
Termasuk sejumlah kader dan anggota Institut Lembang 9 (L-9) yang berada di berbagai partai politik dan komunitas. Terkait ini, L-9 membebaskan kadernya untuk menentukan pilihan di Pilgub Bali yang coblosannya akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang.

Hal itu diungkapkan Ketua DPD L-9 Provinsi Bali, Dewa Ngakan Rai Budiasa di Denpasar, Sabtu (18/11) siang. Dewa Rai Budiasa mengatakan Pilgub Bali adalah pemilihan figur calon pemimpin Bali 5 tahun ke depan.

"Sebagai lembaga kajian dan getol memberikan masukan  kepada pemerintah dalam perhelatan Pilgub Bali kami silahkan kader dan anggota L-9 memberikan pilihan kepada kandidat yang bertarung nanti. Itu sepenuhnya hak kader kami mau pilih siapa tidak ada perintah pusat mengarahkan ke mana. Jadi bebas menentukan pilihan, " ujar Rai Budiasa.

Kader senior Golkar Bali yang mantan Ketua OKK (Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan) DPD I Golkar Bali dua periode ini menegaskan L-9 dari pusat sampai daerah secara hirarki tidak ada instruksi memenangkan calon A atau calon B. Walaupun banyak anggota L-9 di seluruh NKRI berafiliasi ke parpol.

Dalam Pilkada serentak 27 Juni 2018 nanti ada 171 pillkada baik Pilgub dan pilkada kabupaten/kota. Termasuk di Bali nanti ada Pilgub, Pilkada di Gianyar dan Klungkung. "Kita berharap pilih yang memang memiliki kualitas itu saja, " tegas Rai Budiasa.

Selama ini L-9 yang dibina Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), selalu rajin roadshow dan melakukan kajian, menakar capaian-capaian pemimpin di daerah termasuk di nasional. Sehingga sudah tahu dan bisa menghitung siapa yang kira-kira bisa memimpin dan layak dipilih dalam perhelatan Pilkada serentak 2018 nanti. "Kader L-9 sudah sering mencermati kok situasi di bawah dan menakar perjalanan kepemimpinan dan figur yang maju di Pilkada nanti. Jadi sudah ada bayangan mereka. Silahkanlah, " tegas mantan anggota DPRD DKI Jakarta ang kemarin bertemu dengan Wakil Ketua Umum L-9,  Pondan Pardede di Bali.

Untuk kegiatan L-9 di Bali kata Rai Budiasa saat ini sedang melakukan konsolidasi untuk menyusun kegiatan-kegiatan di daerah. Terutama untuk memberikan kajian dan masukan kepada pemerjntah daerah. Termasuk juga menyimak isu politik di Bali jelang Pilkada 2018. L-9 kata Rai Budiasa berkomitmen untuk menjaga dan mendorong pelaksanaan Pilkada serentak di Bali berjalan damai dan demokratis. *nat

Komentar