nusabali

39 Mahasiswa Asing Diperkenalkan Adat dan Budaya

  • www.nusabali.com-39-mahasiswa-asing-diperkenalkan-adat-dan-budaya

Sebanyak 39 mahasiswa asing dari berbagai kampus ternama di Amerika Serikat (AS) bersama-sama Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar melakukan pengabdian masyarakat di Pulau Dewata tahun ini.

DENPASAR, NusaBali

Keterlibatan mereka merupakan hasil kerjasama IHDN Denpasar yang menggandeng organisasi non-profit, Unit World Learning yang berpusat di Amerika Serikat. Dalam kerjasama itu sudah berlangsung sejak tahun 2016 lalu itu, para mahasiswa AS tersebut diperkenalkan adat, budaya dan agama yang sekaligus menjadi antraksi pariwisata di Bali. Khusus untuk tahun ini, Unit World Learning melakukan kunjungan dan pengabdian masyarakat bersama mahasiswa-mahasiswa dari berbagai kampus ternama di AS itu di Kabupaten Tabanan. Selain pengabdian masyarakat, ada pula yang melakukan penelitian mengenai adat, budaya dan agama.

Rektor IHDN Denpasar, Prof Dr Drs IGN Sudiana MSi mengatakan, kerjasama IHDN Denpasar dengan Unit World Learning untuk memperkuat beberapa hal diantaranya pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Melalui kerjasama ini, IHDN Denpasar mulai membuka diri dengan universitas luar terutama agar mampu mengintensifkan kerjasama sesuai visi misi yang diemban IHDN Denpasar, baik di bidang adat, budaya dan agama. “Kami berharap kedepannya bisa saling bertukar informasi dan saling mengenal budaya masing-masing,” ujar Rektor Prof Sudiana di sela pertemuan dengan Lisa Rae dan Brian D Hammer beserta mahasiswa asing, di kampus setempat, Jumat (17/11).

Sekaligus, Prof Sudiana juga memaparkan program studi yang dimilikinya dan menjadi daya tarik tersendiri oleh mahasiswa dan akademisi asing yang menggandeng IHDN Denpasar selama ini dalam menjalani berbagai program kerjasama di bidang pengabdian masyarakat maupun riset yang telah berlangsung. “Yoga dan Teologi menjadi icon IHDN dalam mendorong masyarakat luas untuk menciptakan gaya hidup sehat dan bahagia serta memantapkan kepercayaan,” imbuhnya.  

Untuk diketahui, Unit World Learning merupakan sebuah institusi terakreditasi pendidikan tinggi yang dikelola World Learning yang merupakan organisasi dan pengembangan pendidikan nirlaba internasional di AS. Lisa Rae dari Unit World Learning mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan memaparkan hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan termasuk riset-riset yang digelar oleh mahasiswa AS di IHDN Denpasar. Termasuk meminta berbagai pandangan dan masukan untuk memantapkan penelitian yang dilakukan. Pihaknya juga mengapreasi tawaran untuk memperkuat kerjasama yang diberikan oleh IHDN kedepan.  “Kami bangga atas apa yang dilakukan IHDN Denpasar dalam merespon kami dari luar, serta mau membimbing mahasiswa kami,” ujarnya. *ind

Komentar