nusabali

KESEHATAN : Sarapan Buah

  • www.nusabali.com-kesehatan-sarapan-buah

Memulai hari dengan sarapan dapat membantu memberikan energi awal untuk menjalankan aktivitas seharian.

Penelitian banyak menunjukkan sarapan sehat di pagi hari dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, membantu meningkatkan konsentrasi dan kinerja untuk melakukan aktivitas, dan juga memberikan kekuatan dan daya tahan untuk menghadapi hari.

Beberapa makanan bisa menjadi menu sarapan, seperti sereal, oatmeal, roti, telur, sampai buah-buahan. Ya, buah-buahan merupakan salah satu menu yang membuat sarapan menjadi sehat. Di dalam buah-buahan terkandung berbagai vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Misalnya, kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah dapat membantu mencegah penyakit tertentu, kandungan kalium dalam buah dapat membantu menyehatkan otot, dan masih banyak lagi. Buah juga mengandung banyak serat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Berikut ini buah-buahan yang bisa dikonsumsi saat sarapan :


* Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang mudah untuk ditemui di musim apapun. Makan pisang di pagi hari merupakan ide yang bagus. Pisang mengandung karbohidrat dan juga serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga baik untuk penderita hipertensi. Pisang bisa dimakan dengan berbagai cara. Bisa dimakan langsung, dibuat smoothies, ditambahkan ke dalam sereal atau oatmeal, dan bisa dengan cara lainnya.

* Semangka

Semangka mengandung banyak air, sehingga mampu menghidrasi tubuh dengan baik. Semangka bisa menjadi buah yang baik dimakan pada pagi hari Kandungan likopen dalam buah semangka juga berperan penting pada penglihatan, kesehatan jantung, dan pencegahan kanker. Perlu diketahui likopen dapat ditemukan dalam buah atau sayuran yang berwarna merah.

* Buah Berry
Buah-buahan berry, seperti blueberry, strawberry, dan raspberry merupakan buah-buahan yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam buah berry (terutama strawberry dan blueberry) tersedia dalam bentuk antosianin yang dapat melindungi jantung Anda. Buah berry juga terbukti dapat mengurangi peradangan, mencegah kolesterol darah teroksidasi, dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah. Buah-buahan ini juga memiliki banyak serat (sekitar 8 gram serat per 100 gram buah berry), tetapi mengandung kalori yang rendah (sekitar 80 kalori per 100 gram buah berry). Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir ia akan meningkatkan berat badan jika dimakan dalam jumlah banyak. Kandungan serat yang banyak dalam buah berry juga dapat membuat perut kenyang lebih lama. Selain antioksidan dan serat, buah berry juga mengandung vitamin C yang tinggi. Anda bisa menjadikan buah berry sarapan di pagi hari dengan cara menambahkannya pada yogurt, sereal,atau oatmeal.

* Kiwi
Kiwi mungkin memiliki rasa yang sedikit masam, tetapi memiliki kandungan nutrisi yang kaya. Buah kiwi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sekitar 65 mg per buahnya. Selain itu, kiwi juga mengandung mineral kalium dan tembaga yang tinggi. Kandungan kalium yang tinggi membuat kiwi dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi. Kiwi juga mengandung banyak serat, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan buah pisang. Hal ini menjadikan kiwi sebagai buah yang baik untuk pencernaan. Sebuah penelitian menunjukkan makan dua buah kiwi dalam sehari selama satu bulan dapat membantu mengurangi sembelit pada orang dengan sindrom iritasi usus besar. Makan kiwi dengan cara mencampurkannya dengan buah lain, sehingga menjadi salad. Atau, juga bisa dibuat smoothie bersama dengan buah pisang dan strawberry.

* Jeruk

Jeruk juga bisa menjadi menu sarapan di pagi hari. Menyantap roti bersama dengan jus jeruk di pagi hari tampaknya menjadikan sarapan lebih bergizi. Jeruk merupakan salah satu buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Lantaran mengandung vitamin C tinggi, tentu jeruk juga mengandung antioksidan tinggi, yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Karena itu, mendapatkan jeruk di pagi hari bisa menjadi suatu keuntungan. *

Komentar