nusabali

Pura Kertajaya Tuan Rumah Gita Camp

  • www.nusabali.com-pura-kertajaya-tuan-rumah-gita-camp

Anak-anak dari enam pasraman di provinsi Banten akan mempelajari kitab suci Bhagavad Gita dalam acara bertajuk Gita Camp.

JAKARTA, NusaBali

Acara berlangsung pada 29 Oktober mendatang di Pura Kertajaya, Tangerang, Banten. Ditargetkan 500 anak pasraman di seluruh provinsi Banten ikut serta.
 
"Di Gita Camp anak-anak dipandu membaca kitab suci Bhagavad Gita dengan benar. Setiap membaca ayat, dipraktikkan langsung bagaimana nantinya dalam kehidupan bermasyarakat," ujar Ketua Yayasan Vidya Kertajaya Ketut Jono kepada NusaBali, Selasa (16/10).
 
Guna melancarkan acara, mereka melakukan pertemuan pada Minggu (15/10) lalu di Pura Kertajaya. Pertemuan dihadiri Ketua Pasraman Pura Kertajaya Made Darni, Wakil Ketua Pasraman Pura Kertajaya Ketut Budiawan, perwakilan dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Banten bidang Pendidikan Rai Pering. Ada juga dari Yayasan Vidya Kertajaya dan Yayasan Gita Jayanti.
 
Yayasan Gita Jayanti adalah yayasan sosial yang khusus membahas dan mendiskusikan tentang Bhagavad Gita. Kegiatan di Pura Kertajaya nanti merupakan agenda kedua Yayasan Gita Jayanti.
 
"Disana skalanya nasional. Kalau di Pura Kertajaya se-pasraman Banten," jelas Ketut Jono. Anak-anak pasraman, nantinya bakal melakukan kegiatan seperti camping. Plus ada permainan pula. Kegiatan dilakukan seperti itu agar belajar agama tidak sekadar membaca teks buku. Melainkan ada gamesnya pula.
 
Mereka juga akan diajari bagaimana hidup sehat dengan cara tidak mengonsumsi makanan bernyawa. Untuk itu, selama acara mereka menyantap makanan vegetarian. Harapannya, ke depan mereka dapat menerapkan hal tersebut.
 
Ketut Jono menjelaskan, tujuan di gelarnya Gita Camp agar anak-anak mengenal diri sendiri dan mampu berpikir positif. Masing-masing pasraman pun dibatasi mengirimkan 30 orang. *k22

Komentar