nusabali

Parpol Galang Bantuan Pengungsi

  • www.nusabali.com-parpol-galang-bantuan-pengungsi

Galang bantuan untuk pengungsi, Golkar Bali dirikan Posko sentral di Sekretariat DPD I Golkar Bali Jalan Surapati Denpasar.

DENPASAR, NusaBali

Kalangan partai politik tak mau tinggal diam dengan kondisi ribuan masyarakat Karangasem yang terpaksa mengungsi akibat dampak ancaman letusan Gunung Agung. Walau sering dinilai tebar pesona dan untuk pencitraan, namun kalangan parpol tetap ingin berkontribusi membantu warga pengungsi.

Seperti DPD I Golkar Bali yang langsung instruksikan ke jajaran DPD II Golkar Kabupaten/Kota se Bali untuk menggalang bantuan kepada pengungsi Gunung Agung Kabupaten Karangasem. DPD I Golkar juga mendirikan Posko di Kantor DPD I Golkar Bali dan di 4 Kabupaten terdampak, yakni Karangasem, Buleleng, Klungkung dan Bangli.

Sekretaris DPD I Golkar Bali, I Nyoman Sugawa Korry, Minggu (24/9) mengatakan Golkar Bali mendirikan Posko sentral di Sekretariat DPD I Golkar Bali Jalan Surapati Denpasar, untuk menggalang bantuan yang akan disalurkan kepada para pengungsi. “Bantuan yang kita kumpulkan dari kader-kader Golkar akan kita salurkan kepada pengungsi,” ujar Wakil Ketua DPRD Bali ini.

Sugawa mengatakan Kantor DPD I Golkar Bali juga disiapkan menjadi lokasi penampungan bagi pengungsi. Sementara penggalangan dana yang dilakukan DPP Golkar dan DPD I Golkar Bali terkumpul kemarin Rp 120 juta. Sebanyak 100 juta berasal dari urunan kader dan pengurus Golkar Bali. Sementara Rp 20 juta merupakan sumbangan dari Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marham yang juga terjun ke Bali, Sabtu (23/9) menggalang dana bantuan buat para pengungsi.

Sementara di Tabanan, kader PDIP langsung turun tangan berikan bantuan logistik kepada warga asal Karangasem yang mengungsi ke Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Bantuan itu langsung diserahkan oleh Ketua DPC PDIP Tabanan, I Komang Gede Sanjaya dan diterima Perbekel Desa Candikuning, I Made Mudita, Sabtu (24/9). Bantuan diberikan berupa logistik seperti mie instan, beras, makanan cepat saji, dan uang tunai senilai Rp 10 juta.

Ketua DPC Kabupaten Tabanan, I Komang Gede Sanjaya mengatakan bantuan yang diberikan sebagai wujud kepedulian terhadap warga yang mengungsi akibat dampak ancaman meletusnya Gunung Agung.

"Jangan hanya dilihat nilai dan jumlahnya, karena ini sebagai bentuk kepedulian," jelas Sanjaya yang Wakil Bupati Tabanan ini. Sebelumnya pada, Jumat (22/9) Partai Demokrat melalui Ketua Fraksi Demokrat DPRD Buleleng, Luh Hesti Ranitasari bersama anggota Dewa Putu Tjakra juga galang bantuan berupa makanan dan pampers untuk balita dan menyerahkannya ke Perbekel Desa Tembok, Dewa Komang Yudiaskara. Desa Tembok dan Les, Kecamatan Tejakula, Buleleng menampung ribuan pengungsi asal Karangasem. Tak hanya Demokrat, PDIP Buleleng juga serahkan bantuan tahap awal berupa satu ton beras ke Posko Logistik di Tenda Pengungsian Desa Les, Kecamatan Tejakula. *nat, d, k19

Komentar