nusabali

75 Calon Paskibraka Gianyar Digembleng

  • www.nusabali.com-75-calon-paskibraka-gianyar-digembleng

75 calon anggota pasukan pengibar bendera (Paskibraka) tingkat Kabupaten Gianyar untuk apel HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2017, mulai digemlbeng.

GIANYAR, NusaBali

Penggemblengan secara fisik dan mental ini sudah berlangsung empat hari lalu di Lapangan Astina Raya Gianyar. Ditemui di sela-sela memantau pelatihan calon paskibra di lapangan, Senin (24/7), Kepala Bidang Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gianyar Ir I Gusti Ngurah Suasta, seizin Plt Kadispora Made Suradnya menjelaskan, latihan kekuatan fisik calon Paskibraka selama 10 hari, lanjut karantina 17 hari.

Diakui, saat awal latihan, 30 perseb calon Paskibraka ini satu per satu bertumbangan. Namun tidak sampai ada yang keluar dari pelatihan. “Semuanya masih klop sampai saat ini. Kami kira, di awal mereka masih menyesuaikan diri. Sekarang sudah fit semua,” terangnya.

Dijelaskan Suasta, 75 calon Paskibraka Gianyar terdiri dari 36 laki-laki dan 39 perempuan. Pemilihan melalui tiga tahapan seleksi. Seleksi pertama,  dilakukan di sekolah masing-masing, kedua saat Lomba Keterampilan Baris-berbaris (LKBB), dan ketiga pasca LKBB. “Dari 270 peserta LKBB yang diseleksi, kami ciutkan menjadi 75. Mereka yang terbaik,” jelasnya.

Diungkapkan Suasta, mekanisme seleksi tersebut sesuai acuan seleksi di kabupaten lain dan provinsi. Tim seleksi dari unsur TNI, Polri, Yon Zipur dan PPI (Purna Paskibraka Indonesia) Gianyar, sejak Maret lalu.

Selain penguatan mental dan fisik, para calon Paskibra juga diberikan meteri pengembangan wawasan kebangsaan setiap malam. Pengisi materi dari unsur Pemkab Gianyar, Polri, Kodim, Yonzipur, KNPI, PHDI, dan yayasan seni budaya. *nvi

Komentar