nusabali

Warga Pertanyakan Status Jalan Patimura

  • www.nusabali.com-warga-pertanyakan-status-jalan-patimura

Status Jalan Patimura Singaraja mulai dipertanyakan warga di Kelurahan Kampung Bugis.

Truk Bikin Jalan Rusak
 
SINGARAJA, NusaBali
Masalahnya, ruas Jalan Patimura sudah cukup lama menjadi jalur truk dari arah barat. Namun ketika kerusakan terjadi justru belum ditanggapi.

Jalan Patimura berada di wilayah Kelurahan Kampung Bugis. Selama ini truk dari arah barat seperti dari Jalan A Yani dan Dewi Sartika yang menuju wilayah timur diarahkan melewati Jalan Pantimura. Ruas jalan inilah menjadi satu-satunya ruas jalan bagi truk yang hendak menuju wilayah timur, seperti Karangasem. Kini ruas jalan itu berlubang akibat aspal jebol. Lubang itu tepat berada di tikungan, dimana di bawahnya aspal adalah gorong-gorong.

Kerusakan itu telah terjadi tiga bulan lalu, hingga kerusakan terus bertambah. “Kerusakan sudah tiga bulan. Ini biar cepat ditangani, karena arus lalu-lintasnya cukup padat. Apalagi truk masih melintas ke sini,” kata Safruddin Basnan, Rabu (21/6)

Safruddin juga mempertanyakan status jalan tersebut. Karena ruas jalan itu menjadi jalur truk, yang dulunya hanya jalan kendaraan umum. “Apakah ini jalan provinsi atau kabupaten, kok truk bisa lewat di sini,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) I Gede Gunawan AP mengatakan status ruas Jalan Patimura masih jalan kabupaten. Hanya saja selama ini difungsikan untuk jalur truk dari arah barat menuju arah timur. Diakui kerusakan terjadi dipicu truk bermuatan material yang melintas. Gunawan menegaskan, pihaknya akan lakukan penertiban terhadap truk-truk yang kelebihan muatan. “Kalo sekarang jalannnya agak rusak kita akan koordinasikan dengan Kadis  PUPR. Seharusnya truk-truk itu membongkar muatannya di terminal barang yang ada di Jalan A Yani. Kita akan coba tertibkan lagi,” terangnya

Sementara Kadis PUPR Kabupaten Buleleng Ketut Suparta Wijaya mengaku telah menginventarisir kerusakan jalan yang terjadi. Saat ini pihaknya tengah menyiapkan material untuk melakukan perbaikan atas kerusakan jalan yang terjadi. “Kalau ruas jalan Kabupaten yang mengalami kerusakan sekarang kita tengah persiapkan. Kan butuh material dan tenaga kerja. Nah minggu ini kita persiapkan untuk dilakukan perbaikan,” katanya. *k19

Komentar