nusabali

Desa Tiga Pertama Kali Gelar Parade Ogoh-ogoh

  • www.nusabali.com-desa-tiga-pertama-kali-gelar-parade-ogoh-ogoh

Ribuan warga Bangli berbondong-bondong menyaksikan pengarakan ogoh-ogoh, baik dalam bentuk lomba maupun parade di sejumlah tempat di Kabupaten Bangli, Minggu (27/3).

BANGLI, NusaBali

Di antaranya di Desa Tiga, Kecamatan Susut.  Parade ogoh-ogoh di Desa Tiga merupakan yang pertama kali digelar, diikuti sembilan sekaa teruna dari sembilan banjar adat di Desa Tiga. Kesembilan banjar dimaksud adalah Banjar Malet Tengah, Malet Kuta Mesir, Buungan, Tiga, Pukuh, Temaga, Linjong, Kayuamba, dan Pengelumbaran Kangin.

“Selain untuk mengembangkan kreavitas, juga untuk mempererat hubungan di antara sesama warga,” ujar Ketua Panitia yang juga Sekretaris Desa Tiga I Wayan Suana.

Dari pantauan, parade ogoh-ogoh yang dipusatkan di jalan sebelah timur Pasar Kayuamba, menyedot perhatian warga.”Parade ini memang yang pertama kali. Kami anak muda tentu senang,” ujar salah seorang peserta.

Parade yang dihadiri Wabup Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, juga disisipi penyampaian Maklumat Kapolda Bali, yang intinya meminta pelaksanaan Nyepi berlangsung tertib. Maklumat itu dibacakan Kapolsek Susut AKP Ida Bagus Karyawan.

Selain di Desa Tiga, arak-arakan ogoh-ogoh, Minggu kemarin dilaksanakan di beberapa tempat lainnya. Di antaranya di Desa Peninjoan dan di Desa Bangbang, Kecamatan Tembuku, juga di Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli. Pengamanan pelaksanaan parade maupun lomba ogoh-ogoh dilakukan polisi, pecalang, dan pihak lainnya. * k17

Komentar