nusabali

Air Menggenang, Langganan di Musim Hujan

  • www.nusabali.com-air-menggenang-langganan-di-musim-hujan

Jalan Dewi Sri, tepatnya di belakang Terminal Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar menjadi langganan banjir.

Di Belakang Terminal Batubulan  


GIANYAR, NusaBali
Saking seringnya jalan tersebut tergenang air hingga dikatakan banjir abadi, terlebih lagi ketika musim hujan seperti saat ini. Jalan itu digenangi air hujan yang meluap bercampur dengan air dari saluran subak setempat.

Salah satu warga di lingkungan perumahan Batubulan, Putu Arta, menyampaikan jalan tersebut memang selalu kebanjiran. “Kalau musim hujan, walaupun sedang tidak ada hujan airnya pasti naik,” ujar Putu Arta di rumahnya, Sabtu (21/1). Putu Arta menerangkan, warga setempat juga sudah berupaya menanggulangi banjir itu. Salah satunya dengan membongkar trotoar untuk mengeruk sampah. Namun, upaya tersebut seakan sia-sia.

“Karena luapan airnya memang lebih tinggi dari jalan, padahal sudah diusahakan mengambil sampahnya,” keluhnya. Diakuinya, kondisi itu memang disayangkan. “Walaupun airnya hanya lewat, tapi cukup menyusahkan juga,” ungkapnya. Luapan air di jalan itu cukup panjang, mencapai kurang lebih 20 meter. “Kalau yang naik mobil atau motor arogan, air di jalan ini disambar saja, yang kena pejalan kaki sama yang punya tempat usaha di sepanjang banjir ini,” jelas pria asal Karangasem itu.

Di bagian lain, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar, kerap bolak-balik untuk melakukan upaya pencegahan banjir. Petugas kadang turun untuk mengeruk sampah di beberapa titik trotoar. * e

Komentar