nusabali

Prosesi Cok Nindia Ngambil Istri Khidmat

  • www.nusabali.com-prosesi-cok-nindia-ngambil-istri-khidmat

Mantan Sekkab Gianyar Tjokorda Gde Putra Nindia,56, alias Cok Nindia, menggelar Karya Pawiwahan (perkawinan) kedua untuk dirinya, Sukra Kliwon Watugunung, Jumat (20/1).

GIANYAR, NusaBali
Cok Nindia yang Pangelingsir (ketua) Puri Agung Peliatan, Ubud, Gianyar, ini mempersunting Sagung Ratu Sri Jaya Laksmi,SE Ak,46, gadis asal Puri Gede Penebel, Desa/Kecamatan Penebel, Tabanan.

Pawiwahan dirangkai dengan upacara Ngambil  atau menjemput mempelai istri, antara pukul 11.00 – 16.00 Wita, ditandai dengan Magayot, Anggara Pahing Watugunung, Selasa (17/1). Maknanya, penyucian mempelai melalui menyunggi dengan Joli dari depan Balai Banjar Tengah, Desa Peliatan, menuju Puri Agung Peliatan, sekitar 200 meter ke arah utara, Puri Agung Peliatan. Titik jalan raya itu adalah lokasi pertama turunnya kedua mempelai dari perjalanan saat ngambil (menjemput) istri dari Puri Gede Penebel, Tabanan. Prosesi khidmat ini melibatkan para pangelingsir dan sameton Puri Agung Peliatan dan Puri Agung Ubud, dan para sameton pamucuk (tertua) Keturunan Dalem Sukawati (KDS) se Kabupaten Gianyar. * lsa

Komentar