nusabali

Raih Medali Emas Olimpiade Sains

  • www.nusabali.com-raih-medali-emas-olimpiade-sains

Bidang pendidikan di Klungkung makin menunjukkan prestasi relatif membanggakan. I Gusti Lanang Gede Putra Astawa SPd, guru kelas V di SDN 1 Semarapura Tengah, Kelurahan Semarapura Tengah, Klungkung, meraih medali emas Olimpiade Sains Tingkat Nasional. 

SEMARAPURA, NusaBali
Hajatan ini digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diikuti ratusan guru se Indonesia.

Gusti Lanang Astawa meraih posisi terbaik dalam final 20 - 25 Nopember di Jakarta. 
Kepada NusaBali, Jumat (27/11), Gusti Lanang Astawa mengaku terharu dan bangga, bisa meraih prestasi tersebut. “Apalagi kami dari daerah yang mungkin jarang didengar namanya,” ujar guru asal Banjar Triwangsa, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Karangasem ini. 

Ayah I Gusti Ayu Citra Pradyandari,3, dan I Gusti Lanang Raditya Dwinanda, (5 bulan) ini, mengaku capaiannya tersebut tak lepas dari dorongan dan motivasi pihak sekolah, SDN 1 Semarapura Tengah dan Pemkab Klungkung. Tak terkecuali, Luh Putu Cakrawati, istri tercintanya. “ Di saat – saat jenuh dan kelelahan, istri saya yang memotivasi,”  ujar guru muda yang pada 2008-2011 mengajar di SDN 1 Batununggul, Nusa Penida. Kebetulan, kata dia, istrinya juga guru bertugas di Karangasem. “Saya sering berdiskusi membahas soal-soal IPA dan Matematika dengan istri,”  ujarbnya.

“Sambil mengajar, saya juga belajar,” ungkap guru  yang pembina Olimpiade Sains SD di Klungkung ini. Karena pengalaman berlomba, ia mengaku tidak tegang mengikuti Olimpiade Sains di Jakarta, 20-25 Nopember 2015. “Tahun 2014, saya sudah pernah masuk final, namun tak dapat medali,” kenangnya.  Kata dia, lomba ini berkatagori tes teori, tes eksprimen, dan presentasi karya tulis. Jumat (27/11), ia melaporkan raihannya itu kepada Kadisdikpora Klungkung I Nyoman Mudarta.

Komentar