nusabali

6 Warga Tergigit Anjing Rabies

  • www.nusabali.com-6-warga-tergigit-anjing-rabies

Tiga dari enam korban anjing rabies merupakan satu keluarga, apesnya mereka tergigit hewan peliharaan sendiri. 

TABANAN, NusaBali
Enam warga Desa Beringkit, Kecamatan Marga, Tabanan, diantar ke Rabies Centre BRSUD Tabanan, Senin (23/11) malam. Mereka diberi VAR setelah dipastikan anjing yang menggigit keenam warga itu positif rabies. Anjing positif rabies ini terlebih dahulu menggigit ketiga tuannya yakni keluarga Nyoman Kariana, 45, krama Banjar Dinas Jebaud, Desa Beringkit.

Informasi di lapangan, kasus gigitan anjing positif rabies ini terjadi pada Senin (16/11). Mereka yang digigit anjing masing-masing I Nyoman Kariana, 45, dan kedua anaknya yakni I Wayan Sufriana, 24, dan I Made Tedi, 12. Kariana dan Sufriana terluka pada kaki, sementara Made Tedi cegut (tergigit) pada pinggang. “Mereka tergigit anjing piaraan sendiri. Kariana yang lebih dulu tergigit, saat itu dia lagi makan siang lalu pegang anjing piaraannya. Namun tiba-tiba anjing itu galak dan menggigit tuannya,” ungkap sumber di lapangan.

Setelah menggigit Kariana, anjing yang beringas itu kemudian beruntun menggigit kakak beradik, Sufriana dan Tedi. Kasus gigitan anjing itu tak dilaporkan ke kelian, mengingat mereka tergigit anjing piaraan sendiri. Setelah melukai ketiga tuannya, anjing itu sempat lepas liar lalu menggigit tetangga yakni I Ketut Suwanda, 45, dan Ketut Sunatra, 40. Kedua warga Banjar Jebaud, Desa Beringkit itu tergigit anjing pada Rabu (18/11). Keduanya mengalami luka pada kaki. Pada hari yang sama, Pak Peri, krama Banjar Beringkit bertamu ke rumah Kariana, kakek tua itu pun jadi sasaran gigitan anjing.

Kelian Dinas Banjar Jebaud, Made Gangga saat dikonfirmasi per telepon membenarkan 5 warganya dan seorang warga Banjar Jebaud tergigit anjing yang sama. Diterangkan, tiga hari setelah kasus gigitan kedua atau pada Sabtu (21/11), anjing milik keluarga Nyoman Kariana itu pun mati mendadak. “Tadi sore sekitar pukul 17.00 Wita, keluar hasil laboratorium, anjing yang menggigit 6 warga itu positif rabies. Saya akhirnya mengantar mereka untuk dapatkan VAR ke rumah sakit,” ungkap Gangga, Senin malam.

Gangga mengungkapkan, anjing piaraan keluarga Nyoman Kariana itu sebelumnya sempat diikat. Namun anjing yang rutin divaksin itu sempat lepas sehingga terpapar anjing liar yang positif rabies. Terkait temuan kasus anjing positif rabies, Gangga akan melaporkan ke Perbekel Desa Beringkit untuk langkah antisipasi berupa vaksin dan eliminasi. Perbekel Desa Beringkit, Gede Putu Suarta dikonfirmasi terpisah membenarkan kasus gigitan anjing itu. “Kelian dinas kami masih mengantar para korban untuk mendapatkan VAR ke rumah sakit,” ungkap Suarta.  

Korban gigitan anjing rabies
Nama Alamat Terluka Pada
I Nyoman Kariana, 45, Banjar Jebaud Betis kaki kiri
I Wayan Sufriana, 24, Banjar Jebaud Betis kaki kiri
I Made Tedi, 12, Banjar Jebaud Pinggang
I Ketut Suwanda, 45, Banjar Jebaud Kaki
I Ketut Sunatra, 40, Banjar Jebaud Kaki
Pak Peri Banjar Beringkit Kaki

Komentar