nusabali

Hari Ini Pendaftaran Calon Dibuka

  • www.nusabali.com-hari-ini-pendaftaran-calon-dibuka

Golkar dan Demokrat memastikan tidak daftarkan pasangan calon, karena sudah sepakat mengawal gugatan paket Surya yang sejak awal mereka sokong.

KPU: Lima Parpol Masih Berpeluang Usung Calon


SINGARAJA, NusaBali
KPU Buleleng kembali membuka pendaftaran pasangan calon Bupati-Wakil Bupati (Cabup-Cawabup), pasca hanya ada satu pasangan calon, yakni pasangan incumbent Putu Agus Suradnyana-Nyoman Sutjidra (PAS-Sutji). Pendaftaran pasangan calon dimulai Jumat (28/10) hari ini hingga Minggu (30/10).

Dari tujuh partai politik (Parpol) di DPRD Buleleng, masih ada lima parpol yang berpeluang daftarkan calon. Kelima parpol itu masing-masing Golkar, Demokrat, Hanura, Gerindra, dan PPP. Kelima parpol itu secara aturan belum punya pasangan calon, kendati ikut daftarkan pasangan calon.

Partai Hanura, Gerindra dan PPP ikut daftarkan pasangan calon PAS-Sutji. Sedangkan Golkar dan Demokrat ikut daftarkan pasangan calon Dewa Nyoman Sukrawan-I Gede Dharma Wijaya (Paket Surya). Namun langkah kelima parpol itu belum dianggap punya calon, karena saat daftarkan pasangan calon hanya sebagai pendukung, bukan sebagai pengusung.

KPU mencatat hanya dua parpol yang mengusung pasangan calon, yakni PDIP dan NasDem yang usung PAS-Sutji. “Secara aturan, baru ada dua parpol yang mengusung pasangan calon, PDIP dan NasDem. Sedangkan lima parpol Golkar, Demokrat, Hanura, Gerindra dan PPP secara aturan belum karena tidak tercatat sebagai pengusung,” kata Divisi Sosialisasi KPU Buleleng, Gede Sutrawan, saat sosialisasi pendaftaran pasangan calon tahap dua, Rabu (26/10).

Karena itu lanjut Sutrawan, kelima parpol Golkar, Demokrat, Hanura, Gerindra, dan PPP masih bisa mendaftarkan pasangan calon, pada masa pendaftaran. Pihaknya mengaku sudah mempersiapkan tahapan tersebut. “Nanti prosesnya sama dengan pendaftaran pasangan calon sebelumnya. Ada tahapan pemeriksaan berkas pencalonan dan persyaratan calon,” imbuhnya.

Dari lima parpol, dua parpol Golkar dan Demokrat sudah memastikan tidak daftarkan pasangan calon. Selain karena krisis kader, Golkar dan Demokrat juga sudah sepakat mengawal gugatan paket Surya yang sejak awal mereka sokong. Kini tinggal tiga parpol lainnya Hanura, Gerindra dan PPP termasuk PAN, yang masih punya peluang daftarkan pasangan calon.

Kabarnya memang ada keinginan dari keempat parpol itu usung calon. Apalagi sejak awal Ketua DPC Gerindra Jro Nyoman Rai Yusha berniat nyalon. Namun keinginan itu tidak bisa diwujudkan lantaran mereka telah terikat koalisi mendukung PAS-Sutji. Mereka terikat karena DPP mereka masing-masing telah instruksi bergabung dengan pasangan calon incumbent PAS-Sutji.

Ketua Tim PAS-Sutji, I Gede Supriatna memastikan parpol yang tergabung dalam koalisi PASS di Hati tetap solid. Supriatna menyebut seluruh parpol yang tergabung dalam koalisi PASS di Hati sepakat mengawal dan memenangkan PAS-Sutji di Pilkada Buleleng 2017.  “Tidak ada yang mau usung calon, rekan kami di koalisi solid, dan mereka sudah siap mengawal dan menangkan incumbent,” tegasnya.  k19

Komentar